. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Penguasaan Layanan Konten Pada Kelas III MI Miftahul Huda I Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.

Rauf, M. Abdul (2014) . Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Penguasaan Layanan Konten Pada Kelas III MI Miftahul Huda I Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN SAMPUL) - Accepted Version
Download (343kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (381kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (439kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (68kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilator belakangi berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap guru kelas MI Miftahul Huda I kelas III banyak yang mempunyai kecerdasan interpersonal yang kurang. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengatasi kurangnya kecerdasan interpersonal melalui layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan konseling yang akan digunakan untuk mengatasi kecerdasan interpersonalnya adalah layanan penguasaan konten. Dalam penelitian ini rumusan masalanya adalah : Apakah Layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kecerdasan Interpersonal pada kelas III MI Miftahul Huda I Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan interpersonal dalam layanan penguasaan konten kelas III MI Miftahul Huda I Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. (2) Menemukan peningkatan keterampilan konselor dalam pemberian layanan penguasaan konten siswa kelas III MI Miftahul Huda I Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : (1) Kegunaan teoritik,memberikan kontribusi teoritik khususnya untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui penguasaan layanan konten siswa kelas III. (2) Kegunaan praktis, 1. Dapat digunakan kepala sekolah sebagai penentuan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Dapat digunakan guru pembimbing sebagai panduan untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling untuk menigkatkan kecerdasan interpersonal kelas III MI Miftahul Huda I. Sesuai judul penelitian ini Ruang Lingkup Penelitian, bahasan penelitian ini hanya mengungkap tentang kecerdasan interpersonal melalui penguasaan layanan konten yang dilakukan oleh peneliti kepada siswa kelas III MI Miftahul Huda I semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Hipotesis penelitian ini adalah: “Melalui layanan penguasaan konten dapat meningkatkan meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas III MI Miftahul Huda I Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, setiap siklus sebanyak 3 kali pertemuan. Variabel penelitian ini adalah: variabel X (layanan penguasaan konten) dan variabel Y (kenakalan remaja). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa.yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, sebanyak 22 siswa yang kecerdasan interpersonalnya rendah berdasarkan wawancara dan observasi, Variabel penelitian: layanan penguasaan konten (variabel bebas) dan meningkatkan kecerdasan interpersonal menggunakan metode klasikal (variabel terikat). Berdasarkan hasil observasi pembahasan dan Analisis sebelum dilakukan tindakan layanan penguasaan kontendengan kecerdasan interpersonal siswa rendah diperoleh 1 siswa dengan kategori sangat baik dengan skor nilai antara 27-35, 5siswa dengan kategori baik dengan skor nilai antara 22-26, 9 siswa dengan kategori cukup dengan skor nilai antara 17-21, 6 siswa dengan kategori rendah dengan skor nilai antara 12-16, 1 siswa dengan kategori sangat rendah dengan skor nilai antara 7-11. Sedangkan pada siklus ke II kecerdasan interpersonal siswa meningkat memperoleh hasil 11 siswa dikategorikan baik dengan skor nilai antara 22-26 dan 11 siswa dengan kategori sangat baik dengan skor nilai antara 27-35 sehingga pada siklus II dipandang cukup dan berhasil. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas III MI Miftahul Huda I Dawe Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Kepada kepala sekolah Menambah sarana prasarana dan menambah Guru Pembimbing agar dapat memberikan layanan bimbingan konseling pada siswa. (2) Kepada Guru Kelas Guru kelas dapat menggunakan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki siswa lain. (3) Kepada siswa, agar siswanya mampu mengembangkan bahasanya dengan baik karena di kelas III ini siswa akan menghadapi mata pelajaran yang lebih sulit dari. Apabila cara berbicara anak ini lancar maka anak tidak akan mengalami kesulitan dalam pelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing (i) Drs. Masturi, MM, (ii) Dra.Sumarwiyah. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten,Kecerdasan Interpersonal.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 26 Apr 2014 03:20
Last Modified: 02 May 2015 03:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item