TEACHING WRITING PROCEDURE TEXT BY USING YOUTUBE VIDEO TO THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMK NU MA’ARIF KUDUS IN THE ACADEMIC YEAR 2012/2013

MICHOLIS, YUSRON (2014) TEACHING WRITING PROCEDURE TEXT BY USING YOUTUBE VIDEO TO THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMK NU MA’ARIF KUDUS IN THE ACADEMIC YEAR 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (348kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (109kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Menulis merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi siswa. Karena dengan menulis, siswa dapat menyampaikan isi pikiran mereka dalam bentuk tulisan. Keberhasilan dalam menulis merupakan salah stau indikasi kberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa. Tidak hanya komunikasi secara lisan yang diajarkan dalam berkomunikasi selain itu menulis merupakan bentuk lain dalam berkomunikasi. Banyak guru bahasa inggris menghadapi kendala dalam proses pengajaran menulis dalam bahasa inggris. Dalam mengajar menulis, seorang guru harus mampu menemukan strategi khusus yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa. Ketika guru memberikan tugas kepasa siswa untuk menulis, sering ditemui bahwa siswa merasa sulit dalam menuangkan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan. Hal ini disebabkan oleh kompleksitas komposisi dalam menulis. Ada beberapa kendala yang dihadapi siswa ketika mereka menulis, aitu: pertama, keterbatasan kosakata. Kedua, rasa takut siswa ketika slalh dalam menuls. Ketiga, penggunaan pola waktu yang tepat pada kerja saat menulis. Keempat, tidak ada contoh serta panduan yang mudah dalam menulis. Salah satu media yang dianggap menarik ialah video youtube. Media ini dianggap sebagai salah satu media yang menarik bagi siswa dalam menikmati video proses serta membantu siswa dalam memahami urut-urutan dalam sebuah teks prosedur. Tujan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah untuk mengetahui bagaimanakah keberhasilan siswa kelas sepuluh SMK NU MA’ARIF KUDUS dalam menulis teks prosedur sebelum diajarkan menggunakan media video youtube pada tahun ajaran 2012/2013 dan bagaimanakah keberhasilan siswa kelas sepuluh SMK NU MA’ARIF KUDUS dalam menulis teks prosedur sebelum dan sesudah diajar menggunakan media video youtube pada tahun ajaran 2012/2013 serta apakah ada perbedaan yang signifikan antara keberhasilan siswa kelas sepuluh SMK NU MA’ARIF KUDUS dalam menulis teks prosedur antara sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan media video youtube. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental. Data yang dianalisis berasal dari hasil pre-test dan post-test pada kelas penelitian. Kemudian, penulis menganalisa data-data tersebut menggunakan statistik analisis agar mendapatkan hasil yang maksimal. Populasi penelitian ini berasal dari siswa kelas sepuluh SMK NU MA’ARIF KUDUS pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 439 siswa. Dan sampel yang dipakai adalah 39 siswa yang berasal dari kelas X-TKR 1 yang diperoleh menggunakan teknik penagambilan sampel secara Cluster Random Sampling. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas sepuluh SMK NU MA’ARIF KUDUS dalam menulis teks prosedur sebelum diajar menggunakan media video youtube pada tahun ajaran 2012/2013 memperoleh hasil paling tinggi dengan nilai 69, dan nilai terendah 30. Dari perhitungan data yang diperoleh, rata-trata nilainya adalah 45.26 standar deviasinya sebesar 11.52. Sehingga hasil yang diperoleh bisa dikatagorikan sebagai hasil yang ”rendah”. Sementara itu nilai tertinggi dari kemampuan siswa kelas sepuluh SMK NU MA’ARIF KUDUS dalam menulis teks prosedur sesudah diajarkan menggunakan media video youtube pada tahun ajaran 2012/2013 adalah 89, serta nilai terendahnya adalah 40. Dari perhitungan data yang diperoleh, rata-rata nilainya adalah 64.62 dan standar deviasinya sebesar 13.2. Sehingga hasil yang diperoleh bisa dikatagorikan sebagai hasil yang “cukup”. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan t-test untuk mengukur t observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai dar t-observasi (t0) adalah 5.05. dibandingkan dengan t-test (tt) pada derajat kebebasan 38 dengan level signifikansi 5% adalah 2.03, hal ini menunjukkan bahwa hasil dari t-observasi (t0) lebih tinggi dibandingkan dengan t-tabel (tt) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang cukup berarti antara keberhasilan siswa kelas sepuluh SMK NU MA’ARIF KUDUS dalam menulis teks prosedur sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan media video youtube pada tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa media video youtube merupakan salah satu strategi yang sesuai untuk digunakan dalam mengajar menulis bagi siswa kelas sepuluh SMK NU MA’ARIF KUDUS dalam menulis teks prosedur pada tahun ajaran 2012/2013. Untuk guru, hasil penelitian ini bisa menjadi salah satu rekomendasi alternatif untuk memilih dan menggunakan media video youtube sebagai media dalam mengajar aspek kemampuan bahasa yang lain selain menulis, baik berbicara, membaca, maupun mendengarkan. serta, tidak hanya teks prosedur melainkan bentuk-bentuk teks yang lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis teks prosedur, video youtube
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 May 2014 01:59
Last Modified: 09 May 2014 01:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item View Item