THE READING COMPREHENSION OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTs NURUL ULUM WELAHAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2012/2013 BY USING HOT POTATOES SOFTWARE APPLICATIONS

SOBIRIN, AKHSAN (2014) THE READING COMPREHENSION OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTs NURUL ULUM WELAHAN JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2012/2013 BY USING HOT POTATOES SOFTWARE APPLICATIONS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (562kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (305kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (522kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (392kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (299kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (988kB) | Request a copy

Abstrak

Membaca adalah salah satu keterampilan penting dalam belajar bahasa. Ini juga merupakan sarana rekreasi dan kenikmatan. Pada saat yang sama, memperluas pengetahuan dan meningkatkan pencapaian teknologi. Siswa dapat mengetahui informasi dari teks dengan kemampuan membaca. Namun, banyak siswa mendapatkan kesulitan dalam bahan bacaan , misalnya teks recount. Karena itu, guru harus menggunakan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan membaca siswa. Perangkat aplikasi Hot Potatoes adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pengajaran membaca untuk mengembangkan keterampilan membaca siswa. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media perangkat aplikasi Hot Potatoes untuk siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Welahan Jepara pada tahun akademik 2012/2013 untuk mengembangkan kemampuan membaca teks recount mereka karena mereka kebingungan dalam memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Welahan Jepara pada tahun akademik 2012/2013 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan perangkat aplikasi hot potatoes sebagai media. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Hal ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Welahan Jepara pada tahun akademik 2012/2013. Peneliti mengambil VIII B sebagai sampel penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan cluster random sampling (pengambilan sample secara acak). Penelitian quasi eksperimen diajarkan dengan media perangkat aplikasi Hot Potatoes. Setelah mereka diajarkan selama lima pertemuan mereka mengerjakan post test untuk membandingkan hasilnya. Peneliti menggunakan Recount teks sebagai materi, karena berdasarkan atas kurikulum KTSP dengan bahan bacaan untuk siswa kelas VIII di MTs Nurul Ulum Welahan Jepara pada tahun akademik 2012/2013 di semester genap. Peneliti mempersiapkan 25 pertanyaan pilihan ganda berdasarkan teks recount. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan t -test, dengan tingkat signifikansi 5 %, Derajat kebebasan ( Df ) 27, dan t-tabel (tt) 2,06, t-observasi (to) yang diperoleh adalah 12.37. Dengan kata lain, t-observasi lebih besar dari t-tabel (to>tt). Secara rinci, kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Welahan Jepara pada tahun akademik 2012/2013 setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat aplikasi hot potatoes dikategorikan "baik". Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata dari tes ini adalah 85,18 dan standar deviasi 5,42. Ini lebih tinggi dari hasil rata-rata dari kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Welahan Jepara pada tahun akademik 2012/2013 sebelum diajarkan dengan menggunakan perangkat aplikasi hot potatoes adalah 69,5 dan standar deviasi adalah 7.39. Hal ini dikategorikan sebagai "cukup". Berdasarkan hasil di atas, itu berarti bahwa media perangkat aplikasi hot Potatoes yang bekerja dengan baik untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu, guru bahasa Inggris dapat menerapkan media perangkat aplikasi hot potatoes sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca siswa kelas VIII MTs Nurul Ulum Welahan Jepara pada tahun akademik 2012/2013 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan perangkat aplikasi hot potatoes. Dengan demikian, peneliti menyarankan bahwa guru dapat menggunakan perangkat aplikasi hot potatoes sebagai media dalam bahan bacaan mengajar karena terbukti bahwa itu bekerja dengan baik dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Para siswa harus termotivasi dan meningkatkan kemampuan mereka, sehingga mereka dapat melakukan tugas dengan baik .

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan Membaca, Teks Recount, Perangkat Aplikasi Hot Potatoes
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 May 2014 02:52
Last Modified: 09 May 2014 02:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item View Item