PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI KERUGIAN PADA PERJANJIAN JUAL BELI KENDARAAN BERMOTOR SECARA KREDIT DITINJAU DARI SUDUT PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN

noviyanto, edy (2014) PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI KERUGIAN PADA PERJANJIAN JUAL BELI KENDARAAN BERMOTOR SECARA KREDIT DITINJAU DARI SUDUT PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (461kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BABI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (108kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Skripsi dengan judul “PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI KERUGIAN PADA PERJANJIAN JUAL BELI KENDARAAN BERMOTOR SECARA KREDIT DITINJAU DARI SUDUT PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN”. Secara umum bertujuan mengulas tentang pelaksanaan hak memperoleh informasi dari konsumen, pelaksanaan klaim asuransi kendaraan bermotor yang mengalami musibah dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan klaim suransi kendaraan bermotor sebagai wujud perlindungan terhadap kendaraan bermotor. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalahyuridis sosiologis, yaitu penelitian yang mengidentifikasikan dan menkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem yang mempola.Dalam penelitian hukum yuridis sosiologis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Setelah data diperoleh maka disusun secara sistematis sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang akan dibahas dan selanjutnya data tersebut disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa kejujuran konsumen dalam memberikan informasi kepada leasing sangatpenting karena untuk mentukan lelancaran administrasi. Pelaksanaan pengajuan klaim asuransi kendaraan bermotor di PT Asuransi Adira Dinamika sangat mudah, yaitu konsumen yang akan mengajukan kalim asuransi kendaraan menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan kemudian mengisi formulir permohonan, setelah di teliti oleh pihak PT Asuransi Adira Dinamika kemudian dilakukan survey, apabila permohonan dikabulkan maka secepatnya pihak PT Asuransi Adira Dinamika akan segera memproses perbaikan kendaraan. Kendala yang muncul dalam mengajukan klaim yang banyak dialami moleh konsumen adalah dokumen untuk mengajukan klaim hilang karena nasabah lupa menaruh atau hilang karena terkena bencana seperti banjir, tanah longsir dan lain sebaginya. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwakejujuran konsumen dalam memberikan informasi sangat penting, mudahnya pengajuan klaim dengan syarat, semua dokumen yang dibutuhkan lengkap. Kendala yang muncul dalam mengajukan klaim hilangnya dokumen, karena nasabah/konsumen lupa menyimpan dan hilang yang disebabkan karena terkena bancana alam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Asuransi dan kendaraan bermotor
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan > Asuransi
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum perdata internasional. Konflik hukum > Hukum perdagangan > Asuransi
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum perdagangan > Asuransi
Program Studi: Fakultas Hukum
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Jun 2014 02:08
Last Modified: 07 Jun 2014 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item