THE IMPLEMENTATION OF THINK, TALK, WRITE (TTW) STRATEGY IN TEACHING WRITING (A Classroom Action Research for the Eighth Grade Students of SMPN 2 Kalinyamatan Jepara in Academic Year 2013/2014)

takania, nui (2014) THE IMPLEMENTATION OF THINK, TALK, WRITE (TTW) STRATEGY IN TEACHING WRITING (A Classroom Action Research for the Eighth Grade Students of SMPN 2 Kalinyamatan Jepara in Academic Year 2013/2014). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (437kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (419kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (155kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (152kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (731kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis adalah suatu kegiatan mengungkapkan ide, pikiran atau bahkan pengalaman ke dalam bentuk paragraph. Menulis dianggap sebagai skill yang sulit bagi pelajar yang belajar bahasa asing termasuk SMP. Dalam menulis, siswa harus tahu komponen bahasa khususnya kosakata dan tatabahasa. Tanpa mengetahui keduanya, siswa tidak bisa menciptakan tulisan yang bagus. Fakta menunjukkan bahwa siswa menemukan kesulitan dalam menulis. Mereka tidak bisa menyusun kalimat dengan baik karena kurangnya pengetahuan mengenai kosakata. Strategi pengajaran telah digunakan pada penelitian ini untuk meningkatan kemampuan menulis siswa. Strategi Think-Talk-Write adalah sebuah strategi yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan writing mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk membuktikan jika strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas delapan SMPN 2 Kalinyamatan Jepara tahun akademik 2013/2014, (2) untuk mengetahui penerapan strategi Think-Talk-Write pada pengajaran menulis pada siswa kelas delapan SMPN 2 Kalinyamatan Jepara tahun akademik 2013/2014, (3) untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas delapan SMPN 2 Kalinyamatan Jepara diajarkan dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write. Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas. Pada satu siklus penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 langkah; perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas delapan B dari SMPN 2 Kalinyamatan Jepara yang terdiri dari 35 siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan dua instrumen yaitu tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan menulis siswa diajarkan menggunakan strategi Think-Talk-Write. Itu dibuktikan dari hasil tes. Itu dibuktikan dari peningkatan nilai yang diperoleh siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Di siklus 1, banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. 20 siswa gagal dan 14 lulus dalam mengerjakan tes yang pertama. Rata-rata nilai siswa di siklus 1 yaitu 64,1. Sedangkan di siklus 2, 24 siswa lulus dan 9 siswa gagal dalam mengerjakan tes. Rata-rata nilai siswa di siklus 2 adalah 72,7. Peningkatan juga terjadi pada kegiatan siswa. Itu bisa terlihat di siklus 2. Banyak siswa yang aktif di dalam kelas. Kebanyakan mereka merespon dan memerhatikan guru selama process pengajaran dan pembelajaran. Kondisi ini berbeda dengan sebelumnya dimana banyak siswa tidak aktif di dalam kelas. Melihat dari proses dan hasil dari penelitian ini, Penulis menyimpulkan bahwa strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas delapan SMPN 2 Kalinyamatan Jepara tahun akademik 2013/2014 dan penerapan strategi Think-Talk-Write bisa membantu siswa menjadi aktif di dalam kelas. Penulis menyarankan guru bahasa inggris seharusnya menerapkan sebuah strategi yang bagus dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Strategi Think-Talk-Write dapat digunakan sebagai sebuah strategi yang bagus pada pengajaran menulis. Faktanya, strategi ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas delapan SMPN 2 Kalinyamatan Jepara tahun akademik 2013/2014.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran menulis, Strategi Think-Talk-Write
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 17 Jul 2014 05:11
Last Modified: 17 Jul 2014 05:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3101

Actions (login required)

View Item View Item