The English Achievement of LBA MA NU TBS Kudus Students Taught by Using Arabic-English Contrastive Analysis (Aralish CA) in Academic Year 2010/2011

Syafei, Muh. and -, Rismiyanto and Nurcahyo, Agung Dwi and Siswanto, Agus and Falah, Miftahul and A.P, M. Misbahul Munir (2011) The English Achievement of LBA MA NU TBS Kudus Students Taught by Using Arabic-English Contrastive Analysis (Aralish CA) in Academic Year 2010/2011. [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Submitted Version

Download (216kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
Bab_I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (164kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy

Abstrak

Bahasa Inggris telah dipakai secara luas oleh hampir banyak orang dihampir seluruh dunia. Sekarang ini, bahasa Inggris dipakai hampir disemua aspek kehidupan perekonomian, dunia hiburan, diplomasi antar negara, ilmu pengetahuan, teknologi dan bidang pendidikan. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris memainkan peran yang sangat strategis dan menjadi penting untuk dikuasai. Hal itu karena ia berfungsi dalam komunikasi global yang dapat berupa komunikasi lisan atau pesan tertulis. Bahasa sebagai alat komunikasi antara lain didukung dengan keahlian dan unsur bahasa. Beberapa unsur bahasa yang dirasa lebih penting dibandingkan dengan unsur bahasa yang lain adalah: pelafalan, tata bahasa, dan (pembentukan) kosakata. Ketiga unsur bahasa tersebut relatif sangat dibutuhkan untuk mendapatkan komunikasi yang benar, jelas dan berterima. Di kudus berdirilah sebuah madrasah yang bernama Taswiquttullab Salafiyah atau TBS Kudus. Bahasa Inggris juga diajarkan di sini. Tetapi ada permasalahan ditengah perjalanan pendidikan tersebut, yaitu rendahnya minat peserta didik untuk mempelajari bahasa Inggris. Mereka beranggapan bahwa bahasa Inggris tidak begitu penting untuk dipelajari, karena itu bahasanya kaum penjajah yang telah menyengsarakan kita selama beratus-ratus tahun. Di lain pihak mereka sangat antusias untuk mempelajari bahasa Arab. Mereka beranggapan bahwa dengan mempelajari bahasa yang merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci Alquran, Hadis, dan buku-buku keagamaan lain, mereka secara otomatis juga mempelajari agama yang mereka peluk. Penulis melakukan suatu penelitian eksperimen dengan mengaplikasikkan suatu strategi pembelajaran yang membandingkan persamaan antara bahasa Arab dan bahasa Inggris, yaitu strategi ARALISH Contrastive Analysis. Strategi di samping mempermudah dan sekaligus memotivasi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris dengan mengetahui ternyata bahasa Arab dan Inggris memiliki persamaan-persamaan. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui bagaimana penguasaan pelafalan, tatabahasa, dan kosakata Bahasa Inggris siswa LBA MA NU TBS sebelum diajar menggunakan Aralish Contrastive Analysis pada tahun ajaran 2010/2011. (ii) untuk mengetahui bagaimana penguasaan penguasaan pelafalan, tatabahasa, dan kosakata Bahasa Inggris siswa LBA MA NU TBS setelah diajar menggunakan Aralish Contrastive Analysis pada tahun ajaran 2010/2011 (iii) untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan penguasaan penguasaan pelafalan, tatabahasa, dan kosakata Bahasa Inggris siswa LBA MA NU TBS sebelum dan sesudah diajar menggunakan Aralish Contrastive Analysis pada tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan desain pemberian pre-tes, perlakuan, dan pasca-tes terhadap subyek penelitian 40 siswa Lembaga Bahasa Asing MA NU TBS Kudus. Terdapat 2 (dua) variabel dalam penelitian ini yaitu: (i) variabel terikat berupa penguasaan pelafalan, tata bahasa, dan kosakata; dan (ii) variabel bebas berupa penggunaan strategi ARALISH Contrastive Analysis pada pengajaran pelafalan, tata bahasa, dan kosakata bahasa Inggris. Hasil penelitian ini dapat diurumuskan dalam beberapa kesimpulan. Kesimpulan utama adalah bahwa strategi ARALISH Contrastive Analysis efektif dalam membantu meningkatkan penguasaan bahasa Inggris terutama penguasaan pelafalan, tata bahasa, dan kosa kata siswa-siswa Lembaga Bahasa Asing MA NU TBS Kudus tahun akademik 2010/2011. Hal ini dapat dilihat dari: 1. Penguasaan bahasa Inggris Lembaga Bahasa Asing MA NU TBS Kudus tahun akademik 2010/2011 sebelum diajar dengan menggunakan strategi ARALISH Contrastive Analysis dikategorikan cukup. (Rata-rata nilai penguasaan pelafalan = 62,78, penguasaan tata bahasa = 65,72, dan penguasaan (pembentukan) kosa kata = 56,82). 2. Penguasaan bahasa Inggris Lembaga Bahasa Asing MA NU TBS Kudus tahun akademik 2010/2011 sesudah diajar dengan menggunakan strategi ARALISH Contrastive Analysis dikategorikan baik untuk penguasaan pelafalan dan tata bahasa, serta cukup untuk penguasaan (pembentukan) kosakata. (Rata-rata nilai penguasaan pelafalan = 85,25, penguasaan tata bahasa = 73,36, dan penguasaan (pembentukan) kosa kata = 67,7). 3. Terdapat perbedaan yang signifikan antara Penguasaan bahasa Inggris Lembaga Bahasa Asing MA NU TBS Kudus tahun akademik 2010/2011 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan strategi ARALISH Contrastive Analysis. (Tingkat kepercayaan penguasaan pelafalan 5% dan derajat kebebasan 29 (t-tabel = 2,05 < t-observasi = 5,03); tingkat kepercayaan tata bahasa 5% dan derajat kebebasan 28 (t-tabel = 2,05 < t-observasi = 3,93); dan Tingkat kepercayaan penguasaan (pembentukan) kosakata 5% dan derajat kebebasan 28 (t-tabel = 2,05 < t-observasi = 3,02)).

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Arabic-English Contrastive Analysis (Aralish CA)
Subjects: Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Tata Bahasa
Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Pembelajaran bahasa
Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Ilmu Bahasa (linguistik)
Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik. > Bahasa. Teori linguistik. Tata Bahasa. > Gaya. Komposisi. Retorik
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 08:31
Last Modified: 11 Jun 2012 08:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item