PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SD 2 SIDOREKSO KUDUS

Fadhoil, Ulil (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE BERBANTUAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SD 2 SIDOREKSO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
PDF (Halaman Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (555kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab Vi] PDF (Bab Vi)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (292kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbahasa pada aspek menulis pada siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus. Hasil wawancara dengan guru kelas V didapatkan informasi bahwa menulis puisi merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit di semester 2. Pemilihan kata atau diksi, merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan karena kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini (1) apakah penggunaan pendekatan whole language dan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus dalam pembelajaran bahasa Indonesia? (2) Bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya pendekatan whole language berbantuan audiovisual? (3) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan diterapkannya pendekatan whole language berbantuan audiovisual? Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan whole language berbantuan audiovisual pada siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus. Pendekatan whole language merupakan suatu pendekatan untuk mempelajari bahasa secara keseluruhan yakni, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan pendekatan ini siswa belajar secara aktif mulai dari menyimak puisi yang dibacakan guru, berdiskusi tentang puisi, membaca puisi, dan akhirya dapat menulis puisi dengan bantuan audiovisual. Media audiovisual berfungsi untuk memudahkan siswa dalam berimajinasi, karena sifat dari audiovisual mengkonkretkan yang abstrak, sehingga siswa menemukan inspirasi berkata-kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya pendekatan whloe language berbantuan audiovisual pada siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Sidorekso Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan whole language berbantuan audiovisual, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan whole language berbantuan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan menulis puisi siklus I 69,57% meningkat menjadi 91,3% pada tes keterampilan menulis puisi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 63,91 menjadi 77,17 pada siklus II, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 88,56 dengan kriteria “sangat tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 95,83 dengan kriteria “sangat tinggi”, dan (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 66,37 dengan kriteria “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 82,34 dengan kriteria “sangat tinggi”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan whole language berbantuan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas V SD 2 Sidorekso Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan pendekatan whole language dalam meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia dan guru harus kreatif membuat media agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam proses belajar. Bagi siswa, hendak memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran lebih bermakna. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing II :Mila Roysa, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Keterampilan menulis Puisi, Whole Language, Audiovisual
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Date Deposited: 18 Aug 2014 02:48
Last Modified: 18 Aug 2014 03:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3173

Actions (login required)

View Item View Item