PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS IV SD 1 TANJUNGREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

fitriyani, nuning (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS IV SD 1 TANJUNGREJO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (397kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (538kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (900kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (395kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (314kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (857kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya temuan hasil belajar IPS siswa yang rendah yang terdapat pada siswa kelas IV SD 1 Tanjungrejo Kudus . Hal ini disebabkan beberapa masalah yaitu pembelajaran berpusat pada guru, belum diterapkannya pendekatan kontekstual, dan rendahnya hasil belajar IPS siswa. Pendekatan Contextual Teaching and Learningberbasis inkuiri dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasilbelajar IPS pada siswa kelas IV SD 1Tanjungrejo materi Kegiatan Ekonomi? (2) Apakah penerapan pendekatanContextual Teaching and Learning berbasis inkuiri dapat meningkatkanaktivitas belajar IPS pada siswa kelas IV SD 1Tanjungrejo materi Kegiatan Ekonomi? (3) Bagaimanakah penerapan pendekatanContextual Teaching and Learning berbasis inkuiri dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaranIPS pada siswa kelas IV SD 1Tanjungrejo materi Kegiatan Ekonomi?.Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis inkuiri dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas IV SD 1 Tanjungrejo, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dengan diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis inkuiri dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas IV SD 1 Tanjungrejo, dan (3) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis inkuiri dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi kelas IV SD 1 Tanjungrejo. PendekatanContextual Teaching and Learningberbasis inkuiri merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pengetahuan yang ditemukan sendiri dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupannya. Selain itu PendekatanContextual Teaching and Learningberbasis inkuiri dapat menjadikan pembelajaran aktif, kratif, dan bermakna.Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan tentang usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya dengan alat-alat pemuas kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang menerapkan pendekatanContextual Teaching and Learningberbasis inkuiridalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomidengan langkah PTK: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi.Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 1 Tanjungrejo Jekulo Kudus tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal siswa yang tuntas hanya 6 siswa (26,09%) dengan kriteria “kurang” setelah dilakukan tindakan, pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 17 siswa (73,91%) dengan kriteria “baik”. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 21siswa (91,3%) dengan kriteria “sangat baik”. Hasil obsevasi aktivitas siswa secara individu siklus I mencapai persentase 74,09% dengan kriteria “tinggi” dan siklus II meningkat menjadi 89,95% dengan kriteria “sangat tinggi”. Hasil observasi aktivitas kelompok siklus I mencapai pesentase 74,09 denga kriteria “tinggi” dan siklus II meningkat menjadi 88,06% dengan kriteria “sangat tinggi”. Hasil pengelolaan pembelajaran oleh guru mencapai 78,125% dengan kriteria “tinggi” dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,88% dengan kriteria “sangat tinggi”. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis inkuiri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 1 Tanjungrejo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran untuk guru, diharapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis inkuiri dapat menjadi referensi dalam meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Saran untuk siswa, diharapkan dapat menumbuhkan semangat kerjasama serta keterlibatan secara langsung dalam pembelajaran. Saran untuk sekolah, hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Inkuiri,Hasil Belajar IPS, Kegiatan Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 20 Aug 2014 02:53
Last Modified: 20 Aug 2014 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item View Item