PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD 3 PANJUNAN TAHUN AJARAN 2013/2014

ulfa, maria (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD 3 PANJUNAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (390kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (157kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik. Nilai prapenelitian tindakan kelas menunjukkan 9 dari 20 peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM 70. Rumusan masalah adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 3 Panjunan Kudus, materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik, peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menemukan peningkatan hasil belajar IPS peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran Make A Match pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada peserta didik kelas IV SD 3 Panjunan. Model pembelajaran Make A Match merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran ini peserta didik lebih terfokus pada kemampuan berpikir untuk mencari jawaban dari kartu yang dipegang kemudian mencari pasangan yang memiliki kartu yang cocok. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah peningkatan aktivitas peserta didik, peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar IPS peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada peserta didik kelas IV SD 3 Panjunan. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas IV SD 3 Panjunan Kudus. Subjek penelitian adalah guru peneliti dan 20 peserta didik. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS peserta didik materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya yang cukup signifikan antara hasil prasiklus (35%), hasil siklus I (70%) dan hasil siklus II (90%), didukung dengan peningkatan hasil belajar psikomotorik peserta didik dari persentase siklus I 54,25% (Cukup) menjadi 77% (Baik) di siklus II. Sedangkan hasil belajar afektif peserta didik dari persentase siklus I 54,75% (Cukup) menjadi 73,25% (Baik) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran Make A Match juga mengalami peningkatan dari persentase siklus I 73,75% (Baik) menjadi 94% (Sangat Baik) pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Make A Match pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didiik kelas IV SD 3 Panjunan Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dalam menggunakan model Make A Match sesuai dengan karakteristik dan perkembangan peserta didik agar lebih menarik. Bagi peserta didik hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan selalu aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Bagi pengelola sekolah hendaknya menyediakan sarana prasarana untuk pembelajaran yang lebih variatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, IPS, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 20 Aug 2014 03:11
Last Modified: 20 Aug 2014 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item