PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD 1 TENGGELES KUDUS

perkasa, andika boby (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD 1 TENGGELES KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (462kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (120kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (524kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (413kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (368kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (130kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (97kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (96kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (785kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya prestasi belajar IPA siswa yang rendah. Hal ini dibuktikan oleh fakta yang ada di SD 1 Tenggeles . Berdasarkan data dari 17 siswa hanya 8 siswa (47,06%) yang mencapai KKM (65), sedangkan 9 siswa (52,94) tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di SDN 1 Tenggeles tahun pelajaran 2013/2014. Numbered Heads Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Numbered Heads Together adalah metode belajar dengan cara setiap siswa diberi nomor dan dibuat suatu kelompok, kemudian secara acak, guru memanggil nomor dari siswa. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya (gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Tenggeles dengan subjek penelitian ini adalah 17 peserta didik kelas V. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa kelas V SD 1 Tenggeles Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Keempat metode tersebut digunakan sebagai alat untuk mengukur prestasi belajar siswa dan keterampilan guru pada saat mengajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 47,06% dengan rata-rata 64,29 meningkat pada siklus I menjadi 76,47% dengan rata-rata 66,76. Peningkatan terjadi siklus II meningkat menjadi 88,24% dengan rata-rata 75,29. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat 76,84% dengan kualifikasi “baik” meningkat pada siklus II menjadi 79,33% dengan kualifikasi “baik”. Pengamatan guru pada siklus I mendapat 78,13% dengan kualifikasi baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 90,63% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi gaya (gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek) siswa kelas V SD 1 Tenggeles Kudus. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dapat meningkatkan aktivitas siswa serta dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V SD 1 Tenggeles Kudus. Adapun saran peneliti dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu: 1. Siswa menjadi semangat dalam pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi. 2. Guru perlu meningkatkan sikap yang inovatif, agar pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan. 3. Orangtua lebih memahami usia matang anak untuk masuk sekolah dasar, dan memilihkan sekolah yang sesuai kemampuan anak. 4. Peneliti selanjutnya dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran ke depannya dengan lebih baik lagi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Prestasi Belajar IPA.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 20 Aug 2014 03:56
Last Modified: 20 Aug 2014 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item