PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEMESTER II SD 5 KARANGBENER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

setiyowati, erna eko (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEMESTER II SD 5 KARANGBENER TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (448kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (174kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (420kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (403kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (377kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (159kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (PRESENTASI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS hal ini ditunjukkan dengan rata-rata kelas 62,6 dan ketuntasan 45%. Permasalahan tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar dan rendahnya minat siswa dalam pembelajaran IPS sehingga siswa hanya pasif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV semester II SD 5 Karangbener? (2) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV semester II SD 5 Karangbener? (3) Apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV semester II SD 5 Karangbener. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas IV semester II SD 5 Karangbener. (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan aktivitas siswa. (3) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV semester II SD 5 Karangbener. Hasil belajar siswa merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan cara membuat variasi pola diskusi siswa di dalam kelas agar terkendali dalam berdiskusi yang terdiri dari tiga tahap: think (berpikir), pair (berpasangan), dan share (berbagi). Hipotesis penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share materi perkembangan teknologi, maka hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Karangbener tahun 2013/2014 meningkat. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 5 Karangbener. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang menerapkan model TPS. Prosedur penelitian dengan menggunakan desain model PTK Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart dengan langkah PTK: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Think Pair Share menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus menunjukkan ketuntasan klasikal 45% dengan kriteria “kurang baik”, siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 65% dengan kriteria “baik” dan siklus II meningkat menjadi 85% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil pengamatan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I mencapai presentase ketuntasan 73% dengan kriteria “baik” dan pada siklus II menjadi 83% dengan kriteria “baik”. Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran guru juga mengalami peningkatan dari presentase 76% dengan kriteria “baik” pada siklus I dan 91% dengan kriteria “sangat baik” pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini yakni bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SD 5 Karangbener tahun 2013/2014. Saran yang diberikan yaitu siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran dan berani bertanya, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran think pair share pada pembelajaran IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Think Pair Share, Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 20 Aug 2014 05:24
Last Modified: 20 Aug 2014 05:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item