PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL KELAS IV SEMESTER II SDN 3 SIDIGEDE

miskiyana, ika (2014) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL KELAS IV SEMESTER II SDN 3 SIDIGEDE. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HALAMAN JUDUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (336kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (140kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (267kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Sidigede. Rendahnya hasil belajar disebabkan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS materi masalah sosial kelas IV SDN 3 Sidigede? (2) Apakah penerapan Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS materi masalah sosial kelas IV SDN 3 Sidigede? (3) Apakah penerapan Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil beljar IPS materi masalah sosial kelas IV SDN 3 Sidigede? Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS dengan diterapkannya model Cooperative Learning tipe Think Pair Share. (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya Cooperative Learning tipe Think pair Share. (3) Menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan diterapkannya Cooperative Learning tipe Think Pair Share. . Model Think Pair Share adalah sebuah model pembelajaran yang membentuk peserta didik menjadi kelompok berpasangan untuk berdiskusi dan bekerja kelompok dalam menyelesaikan masalah. Hasil belajar adalah perwujudan kemampuan akibat perubahan perilaku yang dilakukan oleh usaha pendidikan. Kemampuan menyangkut domain kognitif, afektif dan psikomotor. Masalah sosial adalah ketika nilai-nilai atau unsur-unsur kebudayaan pada suatu waktu mengalami perubahan dan anggota-anggota masyarakat merasa terganggu atau tidak dapat lagi memenuhi kebutuhannya melalui kebudayaannya, maka timbul gejala-gejala sosial yang meresahkan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Sidigede dengan subjek penelitian 27 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Think Pair Share, variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS materi masalah sosial. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 81% menjadi 86% (2) Aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus I memperoleh rata persentase 68% meningkat pada siklus II menjadi 89%. Aktivitas Kelompok pada siklus I mencapai rata-rata persentase 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 83% (3) Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I ke siklus II meningkat yakni dari ketuntasan klasikal 73,68% dengan rata-rata kelas adalah 64,68 menjadi 92,23% siswa mencapai ketuntasan dengan rata-rata 76,15. Hasil belajar afektif siswa dari siklus I meningkat ke siklus II dari persentase rata-rata 68% meningkat pada siklus II menjadi 86%. Sedangkan hasil belajar psikomotor pada Siklus I mencapai persentase rata-rata 63% pada siklus II meningkat menjadi 90%. Peningkatan kinerja guru aktivitas siswa serta hasil belajar dari pra siklus, siklus I dan siklus II tidak terlepas dari pelaksanaan pembelajaran yang telah sesuai dengan sintaks Think Pair Share yang diterapkan oleh guru. Selain itu faktor motivasi siswa juga menjadi hal penting dalam peningkatan hasil belajar yang menjadi tujuan utama pada penelitian ini. Simpulan dalam penelitian ini yaitu model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Sidigede pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial. Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya merencanakan model pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Siswa hendaknya menumbuhkan sikap positif untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dan sekolah hendaknya mengadakan supervisi secara berkala untuk mendorong guru untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif. Peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran yang lain sehingga dapat mengembangkan pembelajaran IPS dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, Masalah Sosial, Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 20 Aug 2014 08:08
Last Modified: 20 Aug 2014 08:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item