PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 1 PEGANJARAN

PARAMASANTI , OKTIANA (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 1 PEGANJARAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (839kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (411kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (534kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (866kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (424kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (384kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (404kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V di SD 1 Peganjaran. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang menakutkan, membosankan, dan beberapa siswa tidak suka terhadap pelajaran matematika. Proses belajar mengajar yang berjalan selama ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan hanya sebagian saja yang aktif. Siswa dengan kemampuan rendah masih bergantung pada siswa yang kemampuaannnya tinggi sehingga siswa tidak memiliki tanggung jawab. Guru masih menggunakan metode belajar konvensional dalam proses belajar dan mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD 1 Peganjaran. Numbered Head Together merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang menitikberatkan pada tanggung jawab individu meskipun pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok. Pembelajaran kooperatif tipe Numbered head Together terdiri dari empat fase. Fase I: Pengelompokan dan penomoran, Fase 2: Pemberian Tugas, Fase 3: Berpikir Bersama, Fase 4: Menjawab. PTK ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu 19 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, soal tes hasil belajar, dan lembar catatan lapangan. Data aktivitas siswa dan keterampilan guru mengajar didapat melalui lembar observasi sedangkan data hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Nilai rata-rata siswa sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu 64,05 dengan ketuntasan klasikal 36,48%. Pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 65,53 dengan ketuntasan klasikal sebesar 57,89%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,28 dengan ketuntasan klasikal 88,89%. Aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I, hasil belajar afektif siswa sebesar 2,52 dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 3,03 dengan kriteria baik pada siklus II. Pada siklus I, hasil belajar psikomotorik siswa sebesar 2,49 denga kriteria cukup baik dan meningkat menjadi 3,04 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diperoleh skor rata-rata aktivitas siswa yang dicapai pada siklus I sebesar 2,5 dengan kriteria cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,04 dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,79 dengan kriteria baik. Hasil tersebut meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata sebesar 3,45 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD 1 Peganjaran. Berkaitan dengan simpulan tersebut, peneliti menyampaikan saran-saran sebagai berikut (1) Siswa hendaknya dapat menghargai pendapat, perbedaan, dan tidak saling meremehkan kemampuan siswa lain, (2) guru yang akan menerapkan pembelajaran NHT hendaknya menyampaikan materi prasyarat untuk mempermudah siswa memahami materi yang akan diajarkan serta dapat mengelola waktu dengan baik, (3) sekolah hendaknya mengembangkan pembelajaran NHT karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan, dan (4) peneliti hendaknya memberikan penjelasan mengenai model pembelajaran NHT yang baru dikenal siswa dengan lebih rinci dan tidak tergesa-gesa dalam pembentukan kelompok serta mengkombinasikan pembelajaran NHT dengan metode lain yang melatih siswa untuk lebih berpikir kritis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 06 Sep 2014 05:34
Last Modified: 06 Sep 2014 05:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3274

Actions (login required)

View Item View Item