PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 PLADEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

KHOLIFAH, SITI (2014) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 PLADEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (735kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (476kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (517kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (668kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (235kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi dan tidak ada keterlibatan langsung oleh siswa, sehingga hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Pladen rendah. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Pladen. Masih banyak siswa yang belum mencapai KKM yang ditargetkan SDN 1 Pladen yaitu ≥70. Hal ini ditunjukkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Ulangan akhir Semester I dengan rata-rata kelas mencapai 60,5 dan ketuntasan belajar 44,1%. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan diterapkannya metode eksperimen siswa kelas V Semester II SDN 1 Pladen Tahun ajaran 2013/2014. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu pengetahuan yang tersusun secara sistematik, dan penggunaannya secara umum, terbatas pada gejala-gejala alam dan tidak hanya ditandai oleh adanya kumpulan fakta, namun disertai metode ilmiah dan sikap ilmiah. Eksperimen merupakan salah satu metode pembelajaran yang menempatkan siswa untuk menyelidiki gejala-gejala alam dengan metode dan sikap ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V di SDN 1 Pladen Kudus yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember 2013 sampai bulan Juli 2014 yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan tiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar pada ranah kognitif pada siklus I mencapai 73,5 dengan ketuntasan 73,5% dan siklus II mencapai 81,4 dengan ketuntasan 91,2%, sehingga hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat sebesar 7,9 dengan peningkatan ketuntasan sebesar 17,7%. (2) Hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I diperoleh nilai 68,3% dan siklus II diperoleh nilai 84,1%. Jadi, hasil belajar pada ranah afektif meningkat sebesar 15,8%. (3) Hasil belajar pada ranah psikomotorik pada siklus I diperoleh nilai 68,2% dan siklus II diperoleh nilai 84,8%. Jadi, hasil belajar pada ranah psikomotorik meningkat sebesar 16,6%. (4) Pengelolaan pembelajaran oleh guru pada siklus I diperoleh nilai 73,2% dan siklus II diperoleh nilai 86,6%. Jadi pengelolaan oleh guru meningkat sebesar 13,4%. Simpulan pada penelitian ini ialah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keterampilan mengajar guru. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPA dan metode eksperimen dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar IPA.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Eksperimen, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 06 Sep 2014 08:07
Last Modified: 06 Sep 2014 08:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item