PENINGKATAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER GROUP SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS

LATIFAH, UMI (2014) PENINGKATAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER GROUP SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (632kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (375kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (496kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (531kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (145kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus pada hari selasa, 21 Januari 2014 pukul 09.30-10.30 WIB di ruang BK (dapat dilihat pada lampiran halaman 150 dan 152), dapat diketahui bahwa terdapat beberapa siswa yang kerjasamanya kurang dalam kelompok belajar di kelas XI TKJ 1. Hal ini dikarenakan siswa kurang terbuka dalam kelompok belajar, kurangnya komunikasi dengan teman sebayanya, siswa belum mengetahui cara bekerjasama yang baik dalam kelompok belajar, siswa belum mengetahui cara menumbuhkan kekompakan dalam kelompok belajar serta kurangnya kesadaran akan tanggung jawab siswa sebagai anggota kelompok belajar. Jika hal ini dibiarkan bisa mengakibatkan kualitas kerjasama mereka menjadi berkurang dalam kelompok belajar dan tidak tercapainya dinamika kelompok, sehingga dapat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajarnya. Berpijak dari latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: ”Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat meningkatkan kerjasama dalam kelompok belajar pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2013/2014?”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) ini adalah mendeskripsikan kerjasama dalam kelompok belajar pada siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group serta memperoleh peningkatan kerjasama dalam kelompok belajar pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Selanjutnya kegunaan dalam penelitian ini terdiri dari kegunaan teoritis dan kegunaan praktis. Kegunaan teoritis: dapat dijadikan sebagai landasan teori untuk kegiatan-kegiatan penelitian selanjutnya. Kegunaan praktis: 1) bagi siswa dapat meningkatkan kerjasama yang dimilikinya secara optimal dalam kelompok belajar, 2) bagi konselor sekolah digunakan sebagai bahan acuan untuk meningkatkan efektifitas bimbingan dan konseling, 3) bagi kepala sekolah digunakan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan, dan 4) bagi peneliti selanjutnya digunakan sebagai acuan atau pedoman dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling. Hipotesis tindakan: Bimbingan Kelompok dengan teknik Peer Group dapat meningkatkan kerjasama dalam kelompok belajar siswa kelas XI TKJ 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus tahun 2013/2014. Subjek pada penelitian ini adalah 7 siswa kelas XI TKJ 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Variabel penelitian: layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group (variabel bebas) dan kerjasama dalam kelompok belajar siswa (variabel terikat). Metode pengumpulan data berupa metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, kemampuan kerjasama dalam kelompok belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan, dan setelah siklus I dan siklus II bahwa kemampuan kerjasama dalam kelompok belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada pra siklus mendapat skor 13 (26%) masuk dalam kategori sangat kurang (SK), pada siklus I mendapat nilai rata-rata 23 (46%) masuk dalam kategori kurang (K), dan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 37 (74%) masuk kategori baik (B). Kesimpulannya bahwa kondisi ketujuh siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group, siswa mempunyai kerjasama rendah dalam kelompok belajar. Namun setelah diberikan layanan, penelitian yang dilakukan dengan dua siklus tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 14 atau 28%. Jadi, melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dalam kelompok belajar pada siswa kelas XI TKJ 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun 2013/2014. Selanjutnya peneliti memberikan saran kepada kepala sekolah mengenai sarana dan prasarana yang mendukung bagi pelaksanaan penelitian. Kemudian kepada siswa yaitu agar dapat meningkatkan kerjasamanya dengan baik dalam kelompok belajar setelah mendapat layanan. Kepada guru bidang studi, agar senantiasa memperhatikan siswa dengan seksama. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut yang lebih kreatif dan inovatif, yang berkaitan dengan kemampuan kerjasama dalam kelompok belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group. Kepada konselor sekolah khususnya, untuk memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat mengembangkan potensinya sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Dalam Kelompok Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Peer Group
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 26 Sep 2014 02:52
Last Modified: 26 Sep 2014 02:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item