PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 2 KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

SUTARSIH, - (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 2 KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (667kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (515kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (778kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (138kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (89kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis terhadap guru pembimbing SMP N 2 Karanganyar Demak diperoleh bahwa motivasi berprestasi siswa masih rendah. Gejala rendahnya motivasi berprestasi siswa ditunjukkan dengan kurang menyukai tantangan yaitu kegiatan yang kompetitif, kurang mempunyai kemauan untuk menunjukkan potensi, mengambil resiko rendah, kemauan yang lemah untuk mencapai tujuan, kurang mampu menggunakan umpan balik yaitu belajar dari kegagalan. Permasalahan yang diteliti : “Bagaimanakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIII A SMP N 2 Karanganyar Demak. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi berprestasi dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement dan menemukan peningkatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VIII A SMP N 2 Karanganyar Demak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori motivasi berprestasi dan teori tentang layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement. Motivasi berprestasi adalah suatu dorongan yang berhubungan dengan bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik dibandingkan dengan apa yang telah dilakukan sebelumnya. Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan pemberian layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh seorang peneliti secara kelompok, maka diharapkan para peserta bimbingan kelompok mendapatkan suatu pemahaman baru. Teknik reinforcement adalah suatu respon positif dari pemimpin kelompok kepada anggota kelompok yang telah melakukan perbuatan baik atau berprestasi dengan tujuan agar dapat lebih giat berpartisipasi dalam berinteraksi dengan anggota kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah “ peningkatan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Karanganyar Demak”. Karakteristik subjek penelitian diketahui berdasarkan hasil motivasi berprestasi rendah dengan jumlah anak 8 siswa yang dilaksanakan di SMP N 2 Karanganyar Demak dengan analisis data desktiptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh pada pra siklus dari 8 siswa yang menjadi anggota bimbingan kelompok, sebanyak 5 siswa yang memiliki motivasi berprestasi dalam kategori sangat kurang dan 3 orang siswa memiliki motivasi berprestasi kategori kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement pada siklus I pertemuan I menunjukkan hasil 18,63 kategori kurang yaitu terdiri dari 2 siswa dengan kategori sangat kurang dan 6 siswa dengan kategori kurang, pada siklus I pertemuan II menunjukkan hasil 23,37 kategori kurang terdiri dari 3 siswa dengan kategori cukup dan 5 siswa dengan kategori kurang, siklus I pertemuan III menunjukkan hasil 33,75 kategori cukup terdiri dari 4 siswa kategori cukup dan 4 siswa kategori baik, siklus II pertemuan I menunjukkan hasil 35 kategori baik terdiri dari 3 siswa kategori cukup dan 5 siswa kategori baik, siklus II pertemuan II menunjukkan hasil 36,5 kategori baik terdiri dari 1 siswa kategori sangat baik dan 7 siswa kategori baik dan siklus II pertemuan III menunjukkan hasil 38,63 kategori baik yang terdiri dari 3 siswa kategori sangat baik dan 5 siswa kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah Peningkatan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Karanganyar Demak tahun pelajaran 2013/2014 telah teruji kebenarannya. Saran diberikan kepada 1) Kepala Sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung 2) Guru BK memprogramkan layanan bimbingan kelompok berkaitan dengan cara peningkatan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement., 3) Wali kelas dapat menggunakan hasil temuan penelitian terkait rendahnya motivasi berprestasi siswa, 4) Orang tua lebih memperhatikan anak – anaknya terutama membantu dan memotivasi pencapaian prestasi yang tinggi terutama di lingkungan sekolah sehingga diharapkan dapat meningkatkan moivasi berprestasi di lingkungan social, 5)Siswa dapat termotivasi dalam pencapaian prestasi yang tinggi di lingkungan masyarakat dan khususnya dilingkungan sekolah, serta menjadi pribadi yang baik karena mendapatkan kesempatan yang luas mencapai prestasi secara maksimal, 6) Peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengadakan serta mengembangkan penelitian selanjutnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi, bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 26 Sep 2014 03:15
Last Modified: 26 Sep 2014 03:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3289

Actions (login required)

View Item View Item