PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 SINGOCANDITAHUN AJARAN 2013/2014

NOOR HIDAYATI, LILIK (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 SINGOCANDITAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (604kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (257kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (460kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (490kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (598kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (232kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (26MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Singocandi Kudus, penyampaian matematika tidak dikaitkan dengan kehidupan nyata dan kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkontruksi pemahaman tentang materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SD 2 Singocandi meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika di kelas IV SD 2 Singocandi Kudus melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam penelitian ini adalah desain pembelajaran yang mengaitkan antara materi pelajaran dengan dengan konteks dunia nyata. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diterapkan dengan tujuh komponen yakni, kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Singocandi yang terdiri dari 30 siswa, 18 siswa putra dan 12 siswa putri. Metode pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal 46,67% dengan nilai rata-rata 62,57, siklus I menjadi 57,69% dengan nilai rata-rata 62,88, dan siklus II meningkat menjadi 76% dengan nilai rata-rata 72,04. Secara klasikal aktivitas belajar siswa yang meliputi aspek afektif dan psikomotor meningkat dari siklus I mendapatkan rata-rata 2,5 (baik), dan siklus II meningkat menjadi 3,27 (sangat baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran juga mengalami peningkatan dari rata-rata 2,62(baik) pada siklus I meningkat menjadi 3,5 (sangat baik) pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan keterampilan guru pada pelajaran matematika siswa kelas IV SD 2 Singocandi Kudus. Saran dalam penelitian ini antara lain, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) serta memotivasi dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisispasi aktif dalam pembelajaran, siswa hendaknya berperan aktif dalam pembelajaran dan dapat menerapkan materi dikehidupan nyata, diharapkan bagi peneliti lain untuk membimbing dan mengawasi siswa dalam proses penemuan konsep dan diskusi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Pecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 26 Sep 2014 03:52
Last Modified: 26 Sep 2014 03:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item