PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PAKEM BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 1 RAHTAWU KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS

ZAHRAA, AFIQOH (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PAKEM BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 1 RAHTAWU KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (528kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (476kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (211kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional dengan menggunakan metode ceramah serta hanya pemberian soal pada siswa menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan diterapkannya strategi pembelajaran PAKEM berbasis Permainan Ular Tangga pada siswa kelas V Semester II SD 1 Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun Ajaran 2013/2014. Kegunaan teoritis penelitian ini yaitu dapat menambah pemahaman terhadap pendekatan teori dan strategi pembelajaran PAKEM berbasis permainan Ular Tangga dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sedangkan kegunaan praktisnya yaitu bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti. Hasil belajar IPS merupakan hasil yang dicapai siswa yang mengakibatkan perubahan dalam kemampuan kognitif, kemampuan afektif, dan kemampuan psikomotorik. PAKEM berbasis permainan Ular Tangga merupakan suatu penerapan pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan yang dapat mengaktifkan peserta didik dengan menggunakan permainan Ular Tangga untuk menjembatani proses belajar yang dilakukan agar mendapatkan suatu pengalaman bermakna. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Rahtawu Kudus dengan subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAKEM) berbasis permainan Ular Tangga. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada materi mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan antara kondisi awal (50%), siklus I (73,68%), dan siklus II (89,47%). Peningkatan hasil belajar juga didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran, aktivitas belajar siswa dan aktvitas belajar kelompok siswa. Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan strategi PAKEM berbasis permainan Ular Tangga mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I 78,33% (baik) menjadi 86,25% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa Aspek afektif mengalami peningkatan skor rata-rata siklus I 71,62% (baik) menjadi 85,06% (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa aspek psikomotorik siklus I 73,35% (baik) menjadi 80,05% (baik) pada siklus II. Selanjutnya, skor rata-rata aktivitas kelompok siswa mengalami peningkatan skor rata-rata siklus I 69,6% (baik) menjadi 87,05% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi PAKEM berbasis permainan Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD1 Rahtawu. Untuk itu disarankan beberapa hal bagi guru, agar (1) guru dapat menerapkan strategi PAKEM berbasis permainan Ular Tangga sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang optimal, (2) guru menggunakan media-media yang menarik, agar siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, PAKEM, Permainan Ular Tangga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 30 Sep 2014 02:42
Last Modified: 02 Oct 2014 05:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item