UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG NORMA-NORMA PERNIKAHAN MELALUI LAYANAN ORIENTASI DENGAN MEDIAAUDIO VISUAL

USWATUN KHASANAH, SITI (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG NORMA-NORMA PERNIKAHAN MELALUI LAYANAN ORIENTASI DENGAN MEDIAAUDIO VISUAL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (759kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (586kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (830kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab 5) - Accepted Version
Download (207kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (113kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan wawancara dari guru bimbingan dan konseling pada tanggal 27 Maret 2014 diperoleh hasil masih banyaknya siswa kelas XI yang belum memahami tentang norma-norma pernikahan, hal ini dilihat dari banyak siswa putri yang berpakaian ketat sehingga dapat menimbulkan hal negatif dilihat dari segi norma bepakaian, serta ada juga yang hamil diluar nikah gara-gara melakukan hubungan yang melampaui batas, hubungan siswa dengan lawan jenis belum ada batasan. Permasalahan yang akan diteliti: Bagaimanakah pelaksanaan layanan orientasi dengan media audiovisual dapat meningkatkan pemahaman norma-norma pernikahan pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Kudus Tahun 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah: Diperolehnya peningkatan pemahaman norma-norma pernikahan sesudah mendapatkan layanan orientasi dengan media audiovisual pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Kudus tahun 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah Penelitian ini akan memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling tentang model-model pembinaan siswa melalui layanan orientasi dengan media audiovisual untuk meningkatkan pemahaman norma-norma pernikahan. Dalam penelitian mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan norma-norma pernikahan dimana norma adalah aturan-aturan atau pedoman sosial yang khusus mengenai tingkah laku, sikap, dan perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di lingkungan kehidupannya. Pernikahan ialah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan orientasi dengan media audiovisual dapat meningkatkan norma-norma pernikahan pada siswa kelas XI SMA PGRI 1 Kudus Tahun 2013/2014” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 1 Kudus diambil seluruh anak dalam satu kelas yaitu 25 siswa. Variabel penelitian: layanan orientasi (variabel bebas) dan norma-norma pernikahan (variabel terikat). Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian pada observasi pemahaman tentang norma-norma pernikahan, dapat dikatakan bahwa melalui layanan orientasi pemahaman tentang norma-norma pernikahan dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan pra layanan mendapatkan nilai rata-rata 17,16 dalam kategori sangat kurang (SK), siklus I mendapatkan nilai rata-rata 21,39 dalam kategori kurang (K), pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 31,56 dalam kategori baik (B) terjadi peningkatan pada pra siklus sampai siklus II sebesar 14,4. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan orientasi dengan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman tentang norma-norma pernikahan siswa kelas XI SMA PGRI 1 Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepada Kepala sekolah, sebaiknya kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program Bimbingan dan Konseling dapat terlaksana dengan baik, khususnya layanan orientasi dalam meningkatkan pemahaman tentang norma-norma pernikahan. 2. Kepada Konselor, sebaiknya konselor sekolah memberikan layanan orientasi berkaitan dengan pemahaman tentang norma-norma pernikahan secara intensif dan pemberian layanan orientasi sesuai dengan kebutuhan siswa agar pemahaman siswa dapat berkembang secara optimal. 3. Kepada Siswa, diharapkan, siswa dapat memperoleh wawasan tentang pemahaman norma-norma pernikahan sehingga siswa mengetahui batasan-batasan dalam berhubungan dengan lawan jenis. Serta dapat meningkatkan diri untuk membiasakan bersikap yang sesuai dengan peraturan yang ada disekolah. 4. Peneliti berikutnya, sebaiknya peneliti berikutnya perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang keterkaitan dengan masalah pemahaman tentang norma-norma pernikahan dengan menggunakan layanan orientasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Norma-norma Pernikahan, Layanan Orientasi Dengan Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 30 Sep 2014 03:50
Last Modified: 02 Oct 2014 05:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item View Item