UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA SENAM OTAK KELAS X SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014

PRATIWI, TIKA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA SENAM OTAK KELAS X SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (770kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (517kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (456kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (815kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di SMA NU Al Ma’ruf Kudus berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan konselor diperoleh bahwa kreativitas berpikir siswa masih rendah. Gejala rendahnya kreativitas berpikir siswa ditunjukan dengan siswa kurang bisa berpikir kritis, takut mengambil resiko, takut gagal dan tidak berani menghadapi kritik orang lain. Siswa kurang percaya diri pada saat berargumentasi. Siswa kurang bisa mencetuskan ide maupun gagasan baru dalam berpikir. Siswa kurang dapat berkonsentrasi dengan baik dan lambat dalam menangkap materi pelajaran, semangat belajar siswa juga kurang. Para siswa kurang suka dalam mencari pengalaman-pengalaman yang baru karena rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu hal yang baru masih kurang. Daya imajinasi siswa kurang. Siswa juga tidak mempunyai inisiatif untuk bertanya kepada guru, kurangnya minat siswa untuk bertanya jawab dengan guru maupun dengan siswa lain ini mengakibatkan siswa cenderung pasif di dalam kelas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Media Senam Otak Dapat Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kelas X SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Ajaran 2013/2014?”. Tujuan dari penelitian ini adalah diperolehnya peningkatan kreativitas berpikir melalui penerapan layanan penguasaan konten berbantuan media senam otak kelas X SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Kreativitas berpikir adalah penggunaan dasar proses berpikir untuk mengembangkan atau menemukan ide yang berhubungan dengan pandangan, konsep, yang penekanannya ada pada aspek berpikir rasional khususnya dalam menggunakan informasi dan bahan untuk memunculkan atau menjelaskannya dengan perspektif asli pemikir. Layanan penguasaan konten adalah suatu layanan bantuan yang diberikan kepada individu untuk menguasai aspek-aspek konten (isi layanan) secara tersinergikan dalam kegiatan belajar.Senam otak adalah serangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana. Gerakan itu dibuat untuk merangsang otak kiri dan kanan, meringankan atau merileksasi belakang otak dan bagian depan otak, merangsang system yang terkait dengan perasaan/emosional, yakni otak tengah dan otak besar. Penelitian ini dibuat dalam bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus (Siklus I dan Siklus II) setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 8 SMA SMA NU Al Ma’ruf Kudus sebanyak 31 siswa. Variabel penelitian: Kreativitas Berpikir (Variabel Terikat) dan Layanan Penguasaan Konten Dengan media Senam Otak (Variabel Bebas). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari observasi dan wawancara dilakukan secara langsung bersama kolaborator. Penelitian dilakukan dengan data hasil observasi terhadap 10 aspek penilaian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada prasiklus hasil survei kreativitas berpikir siswa memperoleh skor rata-rata 21 (42%) dengan kategori kurang, pada siklus I mendapat hasil skor rata-rata 29 (58%) dengan kategori cukup, ada peningkatan dari prasiklus 21 menjadi 29 terjadi peningkatan sebesar 8 skor, pada siklus II mendapat hasil skor rata-rata 40 (80%) dengan kategori baik, ada peningkatan dari siklus I, dari skor rata-rata 29 menjadi 40 terjadi peningkatan sebesar 11 (22%) skor. Ini menunjukkan terdapat tingkat perbaikan dari prasiklus ke siklus I dan ke siklus II. Sedangkan observasi aktivitas peneliti pada aspek high touch pada siklus II mendapat skor rata-rata 77 (77%) mengalami peningkatan sebesar 26 skor dibanding siklus I mendapat skor 51 (51%). Pada observasi aktivitas peneliti pada aspek high tech pada siklus II mendapat skor rata-rata 81 (81%) mengalami peningkatan sebesar 28 skor dibanding siklus I mendapat skor 53 (53%), sehingga diperoleh dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten berbantuan media senam otak dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa. hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan yang ditunjukan dari mulai prasiklus memperoleh kategori kurang, siklus I memperoleh kategori cukup dan siklus II memperoleh kategori baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah memenuhi kriteria baik sesuai dengan indikator keberhasilan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas berpikir, Layanan penguasaan konten, Senam otak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 30 Sep 2014 03:59
Last Modified: 02 Oct 2014 05:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item