SURUR, LAILATUS (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA BERBANTU FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN MEDINI 2 DEMAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (840kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (79kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah adanya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Medini 2 Demak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 62 pada tahun ajaran 2013/2014 yang disebabkan kurang inovatifnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Medini 2 Demak melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu flashcard; 2) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Medini 2 Demak melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu flashcard; 3) peningkatan pengelolaan pembelajaran guru kelas IV SDN Medini 2 Demak melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu flashcard. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan melalui 2 siklus, yang terdiri dari tahapan perencanaan, perlakuan dan pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Medini 2 Demak tahun ajaran 2013/2014. Terdapat 24 siswa, 13 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan, pedoman wawancara dan tes evaluasi. Analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu flashcard dari siklus I dan II, dapat: (1) meningkatkan pengelolaan pembelajaran guru dari 2,975 dengan kriteria “baik” menjadi 3,75 dengan kriteria “sangat baik”, (2) meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dari 2,5 dengan kriteria ”baik” menjadi 3,26 dengan kriteria “sangat baik”, (3) meningkatkan hasil belajar siswa, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 71,2 menjadi 75,6 dengan persentase hasil belajar 72,73% menjadi 86,9%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia berbantu flashcard pengelolaan pembelajaran guru, aktivitas belajar matematika siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Medini 2 Demak dapat meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru hendaknya menerapkan pendekatan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia serta memanfaatkan flashcard sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Kata Kunci: | Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, flashcard, hasil belajar matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username librarianumk1 |
Date Deposited: | 30 Sep 2014 04:18 |
Last Modified: | 02 Oct 2014 05:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3306 |
Actions (login required)
View Item |