PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS III SD N 1 GONDANGMANIS

MUHIMMATUL FAUZIYYAH, ALFI (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS III SD N 1 GONDANGMANIS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (715kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (474kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (467kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab 5) - Accepted Version
Download (339kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (219kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hasil wawancara antara peneliti dengan guru kelas III SD Negeri 1 Gondangmanis, diperoleh informasi bahwa ada sepuluh siswa yang belum mampu membedakan tempat jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. Sepuluh siswa juga masih kesulitan dalam memecahkan masalah jual beli seperti menjumlahkan harga barang yang dibelinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Gondangmanis melalui model cooperative learning tipe role playing berbantuan media audiovisual? Tujuan penelitian ini adalah menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Gondangmanis melalui model cooperative learning tipe role playing berbantuan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan model cooperative learning tipe role playing berbantuan media audiovisual. Model role playing adalah model yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih untuk melakukan peran masing-masing sesuai dengan tokoh yang ia perankan. Media audiovisual adalah alat yang digunakan untuk menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Keterlibatan siswa dalam bermain peran dan penggunaan media audiovisual diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes pilihan ganda, observasi, wawancara dan dokumentasi foto. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini dapat mencapai semua indikator keberhasilan, (1) hasil observasi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 80% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kualifikasi sangat baik, (2) Aktivitas belajar psikomotor siswa pada siklus I memperoleh persentase 76% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar afektif siswa pada siklus I memperoleh persentase 80% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 87% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Prestasi belajar siswa (ranah kognitif) dapat mencapai KKM yang ditentukan. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 70,25 dan meningkat pada siklus II menjadi 73,75. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I memperoleh persentase 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe role playing berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas psikomotor dan afektif serta prestasi belajar (ranah kognitif) siswa kelas III SD Negeri 1 Gondangmanis. Peneliti dapat memberikan saran kepada (1) siswa, sebaiknya siswa senang pada mata pelajaran IPS agar bisa lebih memahami materi yang dipelajari sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat, (2) guru, sebaiknya guru tidak terlalu banyak menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran IPS, (3) sekolah, hasil dari penelitian tindakan kelas ini bisa dijadikan tolok ukur untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri 1 Gondangmanis, (4) peneliti selanjutnya, untuk menerapkan model cooperative learning tipe role playing berbantuan media audiovisual, peneliti harus memilih materi yang cocok dengan model role playing.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Audiovisual, Prestasi Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 30 Sep 2014 04:28
Last Modified: 02 Oct 2014 05:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item