UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STIMULUS CONTROL

rahmawan, rois eko (2014) UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STIMULUS CONTROL. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
PDF (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (586kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (79kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya konsentrasi belajar siswa kelas X-2. Ada 8 siswa yang rendah konsentrasi belajarnya, hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang cenderung ramai/gaduh di dalam kelas, berbicara sendiri dengan teman sebangku dan mengantuk saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu persolan tentang rendahnya konsentrasi belajar pada siswa kelas X-2 harus segera diatasi, supaya siswa dapat berkonsentrasi saat pelajaran berlangsung, tertib saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan dapat termotivasi memperhatikan pelajaran/tidak mengantuk. Kondisi tersebut diatas menurut peneliti dapat diatasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control. Permasalahan yang akan diteliti adalah “Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X-2 SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2013/2014”. Tujuan penelitian ini adalah: memperoleh peningkatan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control pada siswa kelas X-2 SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis : hasil dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan bisa mengembangkan teori bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam memahami mata pelajaran. 2. Kegunaan praktis penelitian ini adalah : 1) Bagi Kepala Sekolah 2) Bagi Guru BK 3) Bagi Guru Mata Pelajaran 4) Bagi Siswa 5) Bagi Peneliti. Hipotesis penelitian ini adalah : “Layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X-2 SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2013/2014”. Penelitian ini dilakukan di SMA NU Al Ma’ruf Kudus yang beralamat di Jl. AKBP.R.Agil Kusumadya No. 2 Kudus, sedangkan subyek penelitian ini adalah 8 siswa yang konsentrasi belajarnya rendah diantara siswa kelas X-2. Variabel penelitian : Layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control (variabel bebas) dan konsentrasi belajar (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum pra layanan bimbingan kelompok konsentrasi belajar siswa termasuk dalam kategori sangat kurang (13,12). Setelah diberi treatment layanan bimbingan kelompok pada sikus I, konsentrasi belajar siswa meningkat menjadi kategori cukup (33,75) dan setelah siklus II konsentrasi belajar siswa meningkat menjadi kategori sangat baik (42,12). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X-2 SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun 2013/2014. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control dapat meningkatkan konsentrasi belajar Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah mengenai sarana dan prasarana yang mendukung bagi pelaksanaan penelitian. 2. Para guru BK memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control yang berkaitan dengan cara meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dalam memahami pelajaran. 3. Guru Mata Pelajaran memberikan perhatian pada siswa yang konsentrasi belajarnya rendah sehingga dapat ditindaklanjuti secara cepat dan konsentrasi belajarnya dapat ditingkatkan. 4. Siswa diharapkan dapat berkonsentrasi saat guru menerangkan dan mampu menjawab dengan baik pertanyaan dari guru. 5. Bagi peneliti berikutnya perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang keterkaitan dengan masalah konsentrasi belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Konsentrasi belajar, layanan bimbingan kelompok dengan teknik stimulus control
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 03 Oct 2014 03:29
Last Modified: 03 Oct 2014 03:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item