UPAYA MENINGKATKAN KEJUJURAN DALAM MENGERJAKAN ULANGAN HARIAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL

TARWADI, IWAN (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEJUJURAN DALAM MENGERJAKAN ULANGAN HARIAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (456kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (289kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (446kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (87kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (161kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang kurang jujur dalam mengerjakan ulangan harian, sering mencontek saat ulangan, sering bertanya jawaban ketika ulangan, siswa kurang ada persiapan saat ulangan, tidak kondusif saat mengerjakan ulangan, tidak mandiri saat mengerjakan ulangan dan tidak percaya diri saat mengerjakan ulangan. Semua hasil obervasi dan wawancara yang telah dilakukan bahwa ada beberapa siswa kurang jujur dalam mengerjakan ulangan harian. Adapun rumusan masalahnya “apakah kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian siswa kelas X DKV SMK RADEN UMAR SAID KUDUS tahun 2014, dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik melalui media audiovisual?”. Tujuan penelitian ini diperolehnya peningkatan kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik melalui media audiovisual pada siswa kelas X DKV SMK RADEN UMAR SAID KUDUS tahun 2014. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan kejujuran mengerjakan ulangan harian melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik melalui media audiovisual untuk meningkatkan kejujuran siswa dalam mengerjakan ulangan harian. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian yaitu: kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian yang mempunyai ciri-ciri siswa yang jujur dalam mengerjakan ulangan harian. Layanan penguasaan konten yaitu: layanan untuk menguasai kemampuan tertentu melalui belajar. Modeling simbolik yaitu: teknik modeling melalui film dan televisi yang menyajikan contoh tingkah laku, dan Audiovisual yaitu media yang menyajikan unsur suara dan unsur gambar secara bersama-sama. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling PTK BK dengan jumlah subjek 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Pada penelitian ini mengambil subjek 15 siswa. Pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling berjudul upaya meningkatkan kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik melalui media audiovisual. Dengan dilakukan beberapa metode pengumpul data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian layanan penguasanan konten dengan teknik modeling simbolik melalui media audiovisual pada siswa kelas X DKV SMK RADEN UMAR SAID KUDUS, dalam menerapkan kejujuran mengerjakan ulangan harian mengalami peningkatan.hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum observasi dan pada observasi siklus I dan siklus II. Dari sebelum observasi mendapatkan skor rata-rata 31 termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus I dari pertemuan 1 sampai 3 mendapat skor rata-rata 37 dalam kategori cukup. Terjadi peningkatan dari sebelum observasi sampai dengan siklus I tetapi belum sesuai dengan yang diharapkan. Pada siklus II mendapat skor rat-rata 48 dalam kategori baik. Terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II dengan skor peningkatan sebesar 11 skor dan pada siklus II sudah sesuai dengan hasil yang diharapkan. Dengan demikian layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik melalui media audiovisual dapat meningkat. Simpulan hasil penelitian layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik melalui media audiovisual dapat meningkatkan kejujuran siswa dalam mengerjakan ulangan harian. Hal ini ditunjukkan dari observasi siswa bahwa kejujuran dalam mengerjakan ulangan harian dari pra siklus sampai siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari hasil dalam kategori cukup menjadi baik. Saran yang diberikan kepada 1) Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, 3) Bagi Siswa, 4) Bagi Orang Tua, dan 5) Bagi Peneliti Berikutnya. Diharapkan mampu untuk mengembangkan dan menerapkan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik melalui media audiovisual pada penanganan permasalahan yang sejalan dengan permasalahan topik diatas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kejujuran, Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Simbolik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 04 Oct 2014 06:02
Last Modified: 04 Oct 2014 06:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item