LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK BERBASIS FILM KETELADANAN RASUL UNTUK MENINGKATKAN KEJUJURAN SISWA SD NU NAWA KARTIKA KUDUS

RUSYDA, ALFA (2014) LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK BERBASIS FILM KETELADANAN RASUL UNTUK MENINGKATKAN KEJUJURAN SISWA SD NU NAWA KARTIKA KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (962kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (396kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (550kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (301kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara terhadap Wali Kelas IV B SD NU Nawa Kartika Kudus pada tanggal 13 Maret 2014 pukul 08.00-0830 WIB, bahwa siswa kelas IV B memiliki kejujuran yang rendah. Gejala rendahnya kejujuran siswa ditunjukkan dengan kurangnya komunikasi antar siswa dengan masih ada siswa yang berbohong, kurang bertanggung jawab dengan tidak melaksanakan kewajiban dan menolak hak, kurang mampu berlapang dada, dan kurang mampu berpegang janji, dan menyontek saar ujian Oleh karena itu kejujuran perlu ditingkatkan melalui layanan informasi dengan teknik modeling simbolek berbasis flm keteladanan Rasul. Rumusan masalah: 1. Mendeskripsikan tingkat kejujuran siswa sebelum dan sesudah dilakukan layanan informasi dengan teknik modeling simbolik berbasis film keteladanan Rasul pada kelas IV B SD NU Nawa Kartika Kudus Tahun Ajaran 2013/2014, 2. Diperolehnya peningkatan kejujuran siswa melalui layanan informasi dengan teknik modeling simbolik berbasis film keteladanan Rasul pada siswa kelas IV B SD NU Nawa Kartika Kudus Tahun Ajaran 2013/2014 Kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunan Teoritis: dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bimbingan dan konseling tentang pengembangan layanan informasi menggunakan teknik modeling simbolik, model-model sebagai bentuk pembinaan bagi siswa untuk meningkatkan kejujuran, 2. Kegunaan Praktis: a. Bagi Kepala Sekolah, b. Bagi Wali Kelas, c. Bagi Siswa, d. Bagi Peneliti. Hipotesis peneliti ini adalah: Penerapan layanan Informasi dengan teknik modeling simbolik berbasis film keteladanan Rasul dapat meningkatkan kejujuran siswa Kelas IV B SD NU Nawa Kartika Kudus tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan PTBK. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini ada 39 siswa dari Kelas IV B SD NU Nawa Kartika Kudus Tahun Ajaran 2013/2014 yang kejujuranya rendah. Variabel penelitian ini adalah: layanan informasi dengan teknik modeling simbolik berbasis film (variabel bebas) dan kejujuran (variabel terikat). Metode pengumpulan data melalui metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif kuantitatif. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kejujuran siswa pada pra siklus diperoleh hasil rata- rata 20.8 (41.6%) dalam kategori kurang (K), pada siklus I menjadi 26.8 (53.6%) dalam kategori cukup (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 36.4 (72.8%) dalam kategori baik (B). Jadi dari pra siklus, siklus I sampai siklus II diperoleh hasil rata-rata 20.8 (41.6%) menjadi 36.4 (72.8%) sehingga ada peningkatan sebesar 15.6 (31.2%). Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan informasi dengan teknik modeling berbasis film keteladanan Rasul dapat meningkatkan kejujuran siswa kelas IV B SD NU Nawa Kartika Kudus tahun ajaran 2013/2014. Simpulan penelitian ini adalah haasil penelitian dan pembahasan dari penerapan layanan informasi dengan teknik modeling simbolik berbasis film keteladanan Rasul dapat meningkatkan kejujuran pada siswa kelas IV B SD NU Nawa Kartika Kudus tahun ajaran 2013/2014 dapat diterima dan teruji kebenarannya. Saran penelitian ini adalah: 1. Bagi Kepala Sekolah diharapkan kepala sekolah memberikan dorongan yang positif baik kepada guru maupun peneliti berikutnya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa. Dan diharapkan untuk menunjang fasilitasi baik berupa memberikan jadwal waktu penelitian, dokumentasi siswa, dan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan penelitian, 2. Bagi Wali Kelas diharapkan dapat membantu dan memotivasi siswa dalam meningkatkan sikap kejujuran sejak dini di lingkungan sekolah. Dengan menasehati siswa dan menjalin hubungan sosial yang baik pada siswa dengan memberikan teladan yang baik bagi siswa, 3. Bagi Siswa diharapkan siswa mampu mengaplikasikan, membiasakan, dan melestarikan sikap kejujuran pada diri siswa baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat, 4.Bagi peneliti selanjutnya untuk pengembangan penelitian selanjutnya hendaknya peneliti lebih mengembangkan teknik modeling simbolik berbasis film keteladanan Rasul untuk lebih menarik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: layanan informasi dengan teknik modeling simbolik berbasis film keteladanan Rasul; Kejujuran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 04 Oct 2014 08:20
Last Modified: 04 Oct 2014 08:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3327

Actions (login required)

View Item View Item