UPAYA MENINGKATKAN ETIKA TERHADAP GURU MELALUI LAYANA BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOME ROOM

MUNIROH, ALIYATUL (2014) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA TERHADAP GURU MELALUI LAYANA BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOME ROOM. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (951kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (181kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (440kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (623kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (500kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (156kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (179kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap siswa yang kurang sopan terhadap guru, siswa juga belum dapat mengahrgai dan menghormati guru, siswa masih suka celemongan dan suka meremehkan bapak ibu guru. Permasalahan yang diteliti: apakah layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dapat meningkatkan etika terhadap guru pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah : diperolehnya peningkatan etika terhadap guru melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritik, untuk menambah dan memperkaya wawasan, pengetahuan dan dapat mengembangkan khasanah ilmu pengetahuan dalam bimbingan dan konseling, khususnya layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. 2. Kegunaan praktis, 1. Kepala sekolah, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan jam bimbingan dan konseling. 2. Bagi konselor, dapat digunakan sebagai pedoman untuk membantu mengatasi masalah-masalah siswa, khusunya yang berkaitan dengan etika terhadap guru.3. Bagi siswa, dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang etika terhadap guru. 4. Bagi peneliti, dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang gambaran masalah di lapangan dan sebagai persiapan peneliti untuk menjadi guru bimbingan dan konseling yang cerdas dan professional. Dalam penelitian ini membahs tentang etika terhadap guru da n layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom. Adapun hipotesis dalam pnenlitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dapat meningkatkan etika terhadap guru siswa kelas XI IPS1 SMA 1 Mejobo Kudus tahun ajran 201/2014. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah delapan siswa kelas XI IPS 1, yang memiliki etika terhadap guru rendah berdasarkan wawancara dan observasi, Variabel penelitian: layanan bimbingan kelompok teknik homeroom (variabel bebas) dan etika terhadap guru (variabel terikat). Metode pengumpulan data metode observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilakukan 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi sebelum dilakukan tindakan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dan masuk dalam kategori sangat rendah dengan hasil rata-rata 32,75% dengan kategori sangat kurang. Setelah diberi layanan Hal ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dapat meningkatkan etika terhadap guru pada siswa kelas XI IPS 1 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014.bimbingan kelompok, etika siswa terhadap guru meningkat dalam siklus I setelah dirata-rata hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 58% dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus ke II etika siswa terhadap guru meningkat menjadi 75% dalam kategori baik. Hasil pembahasan dan analisa peneliti menyimpulkan sebagai berikut melalui layanan bimbingan kelompok pada awal sebelum layanan, siklus I, siklus II dapat meningkatkan meningkatkan etika terhadap guru pada siswa kelas XI IPS 1 SMA 1 Mejobo Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Setelah melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran kepada: 1.Kepala sekolah, hendaknya mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan bimbingan kelompok untuk kebutuhan siswa. 2. Konselor, hendaknya lebih mengefektifkan berbagai macam layanan bimbingan dan konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan siswa. 3. Kepada Siswa, hendaknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan etikanya terhadap guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika Terhadap Guru, Layanan Bimbingan Kelompok.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 06 Oct 2014 04:33
Last Modified: 06 Oct 2014 04:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item