UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 1 MEJOBO TAHUN AJARAN 2013/2014

SETIAWAN, HENDRI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 1 MEJOBO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (599kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (512kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (626kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (179kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kepercayaan diri siswa kelas XI IPS 4 . Ada 8 siswa yang kepercayaan dirinya kurang dan 2 orang yang kepercayaan dirinya cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang cenderung mudah cemas, terkadang berbicara gagap, sulit menetralisasi timbulnya ketegangan didalam suatu situasi, mudah putus asa, diam didalam kelas, asyik sendiri. Kondisi tersebut diatas menurut peneliti dapat diatasi melalui layanan bimbingan kelompok. Permasalahan yang akan diteliti adalah “Bagaimana Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Mampu Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPS 4 SMA N 1 Mejobo Tahun 2013/2014”. Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya peningkatan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom siswa kelas XI IPS 4 SMA N 1 Mejobo Tahun 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis : hasil dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan bisa mengembangkan teori bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan dirinya. 2. Kegunaan praktis penelitian ini adalah : 1) Bagi Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, dan 3) Bagi Siswa,. Hipotesis penelitian ini adalah : “Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPS Pada Siswa SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014”. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Mejobo Kudus yang beralamat di Jl. Pasar Doro Jepang Mejobo Kudus, sedangkan subjek penelitian ini adalah 8 siswa yang kepercayaan dirinya rendah dan 2 siswa yang memiliki kepercayaan cukup baik diantara siswa kelas XI IPS 4. Variabel penelitian: Layanan bimbingan kelompok dengan teknik Homeroom (variabel bebas) dan kepercayaan diri (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum pra layanan bimbingan kelompok kepercayaan diri siswa termasuk dalam kategori kurang (35%). Setelah diberi treatment layanan bimbingan kelompok pada sikus I, kepercayaan diri siswa meningkat menjadi kategori sedang (53,2%) dan setelah siklus II kepercayaan diri siswameningkat menjadi kategori sangat baik (84%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI IPS 4 SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI IPS 4 SMA N 1 Mejobo Tahun 2013/2014. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah diharapkan dapat memberikan fasilitas yang mendukung, salah satunya dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling. 2. Kepada Konselor, diharapkan konselor dapat memberikan layanan bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa. 3. Siswa diharapkan mampu merubah keadaannya yang awalnya memiliki kepercayaannya rendah menjadi meningkat. 4. Penelitian selanjutnya diharapkan peneliti mampu menyiapkan segala kebutuhan yang akan digunakan dalam layanan bimbingan kelompok.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, layanan bimbingan kelompok teknik homeroom
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 07 Oct 2014 06:33
Last Modified: 07 Oct 2014 06:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item