UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KEGIATAN PMR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA 1 GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ROBBIL ULUM, MUHAMMAD (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KEGIATAN PMR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA 1 GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (297kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (396kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (666kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (140kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA 1 Gebog Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan masih banyaknya siswa kelas X anggota PMR yang kurang dalam keterampilan kegiatan PMRnya, sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Keterampilan Kegiatan PMR Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan kegiatan PMR siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok dan untuk menemukan seberapa besar peningkatan keterampilan kegiatan PMR siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X SMA 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap teori layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan kegiatan PMR siswa, 2. Secara praktis, (1). Bagi kepala sekolah Untuk dapat digunakan sebagai dasar menentukan kebijakan yang dapat mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah khususnya dalam hal pengembangan keterampilan kegiatan PMR siswa melalui layanan bimbingan kelompok. (2). Bagi konselor sekolah Untuk dapat digunakan konselor sekolah sebagai dasar acuan atau panduan dalam melakukan bantuan kepada siswa yang mengalami masalah keterampilan kegiatan PMR yang rendah. (3). Bagi siswa, Siswa dapat meningkatkan keterampilan kegiatan PMR melalui layanan bimbingan kelompok, (4). bagi peneliti Untuk dijadikan panduan dalam rangka memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Hipotesisnya penelitian ini adalah “Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Keterampilan Kegiatan PMR Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Kudus tahun pelajaran 2013/2014”. Subjek penelitian berjumlah 8 siswa kelas X anggota PMR yang memiliki keterampilan kegiatan PMR rendah yang diperoleh melalui observasi peneliti dan konselor sekolah. Variable penelitian: variable X (layanan bimbingan kelompok) dan variable Y (keterampilan kegiatan PMR). Metode pengumpulan data menggunakan metode pokok observasi, metode pendukung wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilanjutkan refleksi pada tiap siklus. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus (siklus I dan siklus II), setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 3 materi setiap siklusnya dengan alokasi waktu 45 menit per pertemuan (1 jam pelajaran). Berdasrkan hasil pengamatan dan observasi pada kondisi awal ada 8 siswa yang keterampilan kegiatan PMRnya dalam kategori sangat kurang. Pra layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan kegiatan PMR siswa dengan rata-rata skor 27,7% (sangat kurang), setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I hasil rata-rata skor 48,5% (kurang), dari hasil survei awal perilaku kooperatif sampai siklus I ada peningkatan (20,8%). Pada siklus II hasil rata-rata skor menjadi 77,7% (baik), dari hasil layanan bimbingan kelompok siklus I sampai siklus II ada peningkatan (29,2%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan kegiatan PMR pada siswa kelas X SMA 1 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis peneliti dapat menyimpilkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok keterampilan kegiatan PMR siswa ada peningkatan positif, siswa yang semula keterampilan kegiatan PMRnya rendah meningkat menjadi baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya membeikan fasilitas yang dapat menunjang pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam turut mengetahui dan mengembangkan kemampuan siswa di bidang pribadi, sosial, belajar, karir, maupun keagamaan. 2. Bagi Konselor sekolah hendaknya lebih meningkatkan pelaksanaan program bimbingan dan konseling. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan kelompok untuk membantu mereka dalam memecahkan persoalan dan permasalahan yang dialami oleh siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Kegiatan PMR, Layanan Bimbingan Kelompok.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 07 Oct 2014 08:41
Last Modified: 07 Oct 2014 08:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

View Item View Item