IMPROVING THE ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF MTS MIFTAHUL FALAH TALUN KAYEN PATI IN ACADEMIC YEAR 2013/2014 BY USING WHOLESOME SCATTERING GAME

KHUMAEROTUL HIDAYAH, NOVI (2014) IMPROVING THE ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF MTS MIFTAHUL FALAH TALUN KAYEN PATI IN ACADEMIC YEAR 2013/2014 BY USING WHOLESOME SCATTERING GAME. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (452kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (553kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (88kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang berperan sangat penting dalam pengajaran bahasa Inggris. Sebagai salah satu kegiatan belajar mengajar di kelas bahasa Inggris, menulis harus diajarkan kepada siswa SMP atau MTs. Ini jelas tertera di kurikulum KTSP bahwa tujuan pengajaran menulis bahasa inggris di SMP atau MTs adalah siswa harus bisa mengekspresikan ide-ide dalam bentuk tulisan. Kebanyakan siswa merasa bahwa mereka mendapatkan kesulitan dalam menemukan dan menghasilkan ide-ide. Mereka juga merasa bosan karena menulis menghabiskan banyak waktu. Sebagai guru bahasa inggris, is harus bisa menerapakan tekhnik yang menarik dalam mengajar yang dapat membuat siswa lebih aktif di kelas. Wholesome Scattering Game adalah salah satu alternative tehnik yang dapat digunakan dalam pengajaran menulis bahasa inggris. Di penelitian ini, penulis menggunakan Wholesome Scattering Game sebagai tehnik dalam mengajar menulis bahasa ingggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di dalam teks descriptive pada siswa kelas tujuh MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati tahun akademik 2013/2014. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati tahun akademik 2013/2014, khususnya di kelas VII A. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 22 siswa. Peneliti menggunakan teks descriptive sebagai materi dalam penelitian ini. Peneliti melakukan dua proses siklus. Presentasi nilai rata rata siswa dalam kemampuan menulis teks descriptive sebelum siklus adalah 59.13%. Setelah proses pembelajaran, hasil penelitian siklus pertama menunjukan bahwa presentasi nilai rata rata siswa dalam kemampuan menulis teks descriptive adalah 76.77%. Pada siklus kedua, persentasi nilai rata rata siswa pada kemampuan menulis teks descriptive adalah 83.54%. Jadi, ada peningkatan nilai presentasi rata-rata kemampuan menulis siswa di setiap siklus. Disamping itu, suasana kelas juga sangat efektif. Siswa lebih percaya diri, berani, dan menyenangkan dalam proses belajar. Guru juga bisa mengatur kelas dengan baik dan menciptakan suasana baru di kelas menulis. Oleh karena itu, penulis menyarankan bahwa guru dapat menggunakan Wholesome Scattering Game dalam mengajar menulis teks descriptive karena terbukti bahwa Wholesome Scattering Game dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, “Wholesome Scattering Game”.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 10 Oct 2014 08:19
Last Modified: 10 Oct 2014 08:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3375

Actions (login required)

View Item View Item