BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER GROUP UNTUK MEREDUKSI SIKAP WESTERN DALAM BERGAUL

JULIYANTI, ARICHA (2014) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER GROUP UNTUK MEREDUKSI SIKAP WESTERN DALAM BERGAUL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (571kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (683kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Bab 4)
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (238kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (130kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi di SMK Wisudha Karya Kudus, peneliti menemukan beberapa siswa yang berseragam dan berpenampilan dengan berlebihan, rambut diwarnai, bersikap individualistic, kurangnya rasa solidaritas antar teman, cara berbicara dengan ala kebarat-baratan, kurangnya rasa sopan santun, dan bersikap konsumtif yang termasuk pada sikap western dalam bergaulnya. Hal ini dikarenakan siswa masih terbawa pada pergaulan masa SMP yan g suka meniru gaya dari seseorang yang dikaguminya, agar terlihat gaul dan tidak dipandang kampungan. Yang malah dapat merusak moral pelajar dan memberikan dampak negative bagi dunia pendidikan jika hal tersebut terus terjadi tanpa ada penanganan. Dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan model bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat mereduksi sikap western dalam bergaul pada siswa kelas X-TP 3 SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2013/2014?. Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group untuk mereduksi sikap western dalam bergaul pada peserta didik kelas X- TP 3 di SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi bimbingan kelompok dengan teknik peer group untuk mereduksi sikap western dalam bergaul. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari nara sumber dalam mengembangkan langkah-langkah bersama untuk menangani permasalahan yang dibahas dalam kelompok. Teknik kelompok teman sebaya (peer group) terbentuk dari kelompok informal yang mempunyai aturan-aturan tertentu, mempunyai ciri khas dan mendukung adanya hubungan sosial. Sikap western dalam bergaul adalah suatu bentuk reaksi perasaan yang bersifat afeksi, kognisi dan konatif untuk adanya aktivitas meniru secara mentah-mentah budaya barat yang dianggap lebih baik dari budaya sendiri. Hipotesis penelitian ini adalah “layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat mereduksi sikap western dalam bergaul pada peserta didik kelas X-TP 3 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014” Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Bentuk observasi yang digunakan dalam penelitian ini peneliti ikut serta partisipasif dan observasi sistematis. Dan dokumentasi sebagai bukti autentik pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group dapat mereduksi sikap western dalam bergaul pada siswa kelas X-TP 3 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014” diterima karena teruji kebenarannya. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah siklus yang memperlihatkan bahwa sikap western dalam bergaul siswa mengalami pereduksian skore rata-rata yaitu pada pra siklus mendapat 38,25 (76,5%) dengan kategori rendah dalam mereduksi atau memiliki sikap western yang tinggi, pada siklus I mendapat skore rata-rata 27,75 (55,5%) dengan kategori cukup (C) dalam mereduksi sikap western dan pada siklus II mendapat skore rata-rata 14,5 (29%) dengan kategori sangat tinggi (ST) dalam mereduksi sikap western atau siswa memiliki sikap western yang sangat rendah. Peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Kepala Sekolah, memberi fasilitas kepada konselor agar dapat memberikan layanan bimbingan kelompok secara optimal. 2.Bagi Guru Pembimbing, dapat memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik peer group nanti akan membantu mereduksi sikap western dalam bergaul pada peserta didik. Terutama bimbingan dan konseling disekolah perlu adanya jadwal jam pelajaran masuk kelas agar dalam memberikan layanan mendapatkan hasil yang maksimal.3.Bagi Orang Tua, diharapkan dapat ikut berperan dengan memberikan motivasi terhadap anak agar anak dapat semaksimal mungkin bisa mengikuti setiap layanan bimbingan kelompok dan memberikan motivasi untuk selalu memanfaatkan waktu belajar di sekolah dengan sebaik- baiknya., 4.Bagi Siswa, hendaknya dapat lebih baik lagi dalam mereduksi sikap western dalam bergaul, karena secara tidak langsung siswa dapat menjaga diri agar menjadi generasi penerus bangsa yang baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Peer Group, Sikap Western Dalam Bergaul
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 13 Oct 2014 04:06
Last Modified: 13 Oct 2014 04:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item View Item