UPAYA MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN DENGAN LAWAN JENIS MELALUI SOSIODRAMA FORMAT KLASIKAL SISWA XI TKJ A SMK MAMBAUL FALAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

IRAWAN, BUDI (2014) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN DENGAN LAWAN JENIS MELALUI SOSIODRAMA FORMAT KLASIKAL SISWA XI TKJ A SMK MAMBAUL FALAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (119kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (508kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (893kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (70kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas XI TKJ A etika pergaulan dengan lawan jenis belum optimal seperti, siswa yang bergaul dengan sesuka hatinya, baik dari cara berpakaian yang tidak rapi, cara duduk ketika berbicara dengan teman lawan jenis, cara bertanya yang kurang baik, serta perilaku siswa yang kurang sopan terhadap teman lawan jenisnya. Dalam penelitian ini, rumusan masalah adalah: Bagaimanakah Penerapan Sosiodrama dengan Format Klasikal Dapat Meningkatkan Etika Pergaulan dengan Lawan Jenis pada siswa kelas XI TKJ A SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah: diperolehnya peningkatan etika pergaulan dengan lawan jenis melalui sosiodrama dengan format klasikal pada siswa kelas XI TKJ A SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan Teoritis: Hasil penelitian ini diharapkan dapat dapat memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan mengenai layanan bimbingan dan konseling sebagai bahan refrensi untuk penelitian tentang etika pergaulan dengan lawan jenis. Kegunaan Praktis: 1) Bagi kepala sekolah, dapat digunakan kepala sekolah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling. 2) Bagi konselor, sebagai pegangan atau pedoman untuk menangani etika pergaulan siswa pada umumnya dan etika pergaulan dengan lawan jenis utamanya melalui sosiodrama dengan format klasikal. 3). Bagi orang tua, Sebagai pertimbangan dan masukan kepada orang tua dalam mendidik dan membimbing anaknya dalam etika pergaulan dengan lawan jenis. 4) Bagi siswa, Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk meningkatkan etika pergaulan dengan lawan jenis baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. 5). Bagi peneliti, Layanan bimbingan klasikal melalui sosiodrama dapat menjadi masukan bagi peneliti dalam meningkatkan etika pergaulan dengan lawan jenis. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berkaitan dengan etika pergaulan dengan lawan jenis dan bimbingan klasikal melalui sosiodrama. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Sosiodrama dengan Format Klasikal Dapat Meningkatkan Etika Pergaulan dengan Lawan Jenis Pada Siswa Kelas XI TKJ A SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014”. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus setiap siklus sebanyak 3 kali pertemuan. Variabel penelitian ini adalah: variable X (Sosiodrama xii dengan Format Klasikal) dan variable Y (Etika Pergaulan dengan Lawan Jenis). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa/satu kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada observasi 10 aspek penilaian peningkatan etika pergaulan dengan lawan jenis, dapat dikatakan bahwa melalui sosiodrama dengan format klasikal etika pergaulan dengan lawan jenis siswa dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan hasil rata-rata yaitu pada pra siklus kurang (46,1%), pada siklus I (52%) dan pada siklus II (69,6%). Berdasarkan hasil pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa sosiodrama dengan format klasikal dapat meningkatkan etika pergaulan dengan lawan jenis siswa kelas XI TKJ A SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran yang diajukan : 1. Bagi kepala sekolah menambah sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Guru berusaha memberikan layanan bimbingan dan konseling lanjutan kepada siswa yang memiliki etika pergaulan dengan lawan jenis yang masih belum optimal, mengingat dengan keterbatasannya waktu peneliti belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 3. Siswa disarankan mau terbuka kepada guru pembimbing tentang masalah yang ditemui, adanya keterbukaan siswa akan membantu siswa menyelesaikan masalahnya terutama masalah pribadi. 4. Orang tua diharapakan dapat ikut berperan dengan memberikan arahan terhadap siswa mengenai etika pergaulan dengan lawan jenis. 5. Peneliti Selanjutnya diharapkan berkenan melanjutkan pengembangan pemberian tindakan dalam upaya meningkatkan etika pergaulan dengan lawan jenis menggunakan layanan bimbingan kelompok yang dirasa lebih efektif dan lebih optimal untuk diberikan pada siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika Pergaulan dengan Lawan Jenis; Sosiodrama Format Klasikal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 18 Oct 2014 04:05
Last Modified: 18 Oct 2014 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item