PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD 1 DAREN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SURYA SARI, RENI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD 1 DAREN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (418kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (181kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (162kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran di kelas V SD 1 Daren diantaranya: siswa belum berani untuk menyampaikan pendapat, kurangnya interaksi aktif antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru, selain itu pembelajaran matematika juga belum mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Masalah tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD 1 Daren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V semester 2 melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi sifat-sifat bangun ruang siswa di SD 1 Daren Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2013/2014. Pendekatan Contextual Teaching and Learning suatu pendekatan pembelajaran dan pengajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai individu, anggota (keluarga, masyarakat dan bangsa). Dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, proses belajar mengajar akan lebih konkret, lebih realistis, lebih aktual, lebih menyenangkan dan lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, aktivitas belajar yang menggembirakan dan peningkatan pengelolaan pembelajaran guru. Kondsi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 45,16% dengan rata-rata 55,7 meningkat pada siklus I menjadi 54,83% dengan rata-rata 69,52 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,87% dengan rata-rata 79,35. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata 1,91 dengan kategori ”cukup”. Meningkat pada siklus II menjadi 2,6 dengan kriteria “ baik”. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 2,11 dengan kriteria “ cukup” dan meningkat pada siklus II menjadi 3,21 dengan kriteria “baik”. x Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SD 1 Daren. Penulis menyarankan kepada guru untuk mempersiapkan dengan matang dan mengatur alokasi waktu dengan sangat teliti pada tiap langkah-langkahnya agar pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat berjalan efektif dan tepat waktu.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Matematika, Sifat-sifat Bangun Ruang.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 18 Oct 2014 04:46
Last Modified: 18 Oct 2014 04:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item