PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBATUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 2 KAJEKSAN KUDUS

NUNUNG LESTARI, IKE (2014) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBATUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 2 KAJEKSAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (365kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (155kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (619kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (106kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 2 Kajeksan yang diperoleh dari data observasi awal. Rendahnya hasil belajar dikarenakan kurangnya motivasi siswa dalam belajar IPS, guru masih menggunakan metode ceramah, serta guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD 2 Kajeksan melalui penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar, 2) mendeskripsikan hasil belajar ranah afektif dan psikomotor dilihat dari aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Kajeksan dalam mengikuti pembelajaran IPS melalui penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar, 3) mendeskripsikan keterampilan guru menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar pada siswa kelas IV SD 2 Kajeksan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas, yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut membentuk sebuah siklus dan penelitian berlangsung dalam dua siklus, yaitu siklus I dan II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor. 1) Peningkatan hasil belajar ranah kognitif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 70,37 menjadi 78,14 dan ketuntasan belajar siswa 71,43% menjadi 83%. 2) Peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata 64% dengan kriteria cukup menjadi 80% dengan kriteria baik. 3) Peningkatan hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata 65% dengan kriteria baik menjadi 82% dengan kriteria baik. 4) Peningkatan keterampilan guru mengajar pada siklus I ke siklus II meningkat yaitu dari rata-rata 81 % dengan kriteria baik menjadi 89% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 2 Kajeksan. Berkaitan dengan xii simpulan tersebut, peneliti menyampaikan saran-saran sebagai berikut. (1) Siswa hendaknya dapat menghargai pendapat, perbedaan, dan tidak saling meremehkan kemampuan siswa lain. (2) Guru dapat menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa. (3) Kepala sekolah hendaknya menyediakan media penunjang pembelajaran serta memotivasi guru untuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. (4) Peneliti lain hendaknya mampu mengkombinasikan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran kooperatif lain yang cocok sehingga siswa menjadi lebih terbiasa untuk aktif dan menggali pengatahuannya sendiri.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), media gambar, hasil belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 18 Oct 2014 04:55
Last Modified: 18 Oct 2014 04:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item