PENINGKATAN DALAM MENYIMPULKAN ISI CERITA FIKSI REALISTIK MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MURIA KUDUS HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS V SD 2 BACIN KUDUS

ZAKIYAH MABRUROH, NUR (2014) PENINGKATAN DALAM MENYIMPULKAN ISI CERITA FIKSI REALISTIK MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MURIA KUDUS HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS V SD 2 BACIN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (479kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (139kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang rendah yang terdapat pada siswa kelas V SD 2 Bacin Kudus. Hal ini ditandai dengan beberapa masalah yaitu pembelajaran yang masih bersifat konvensional, rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia siswa khususnya dalam menyimpulkan isi cerita. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu model TPS yang diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran TPS (2) apakah penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (3) apakah penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD 2 Bacin Kudus dalam menyimpulkan isi cerita fiksi realistik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran (2) menemukan peningkatan aktivitas belajar siswa dan (3) menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Bacin Kudus dalam menyimpulkan isi cerita fiksi realistik dengan diterapkannya model pembelajaran TPS dalam pembelajaran bahasa Indonesia. TPS merupakan suatu strategi dalam pembelajaran kooperatif yang mengkoordinasikan siswa ke dalam pasangan-pasangan, dan memberikan waktu kepada siswa untuk berpikir menyelesaikan masalah, kemudian membagi hasil pikirannya kepada semua siswa. Model TPS melatih siswa mampu berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah, sehingga dengan diterapkannya model ini diharapkan kemampuan berpikir siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V 2 Bacin Kudus yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai persentase 79,68% dengan kategori tinggi dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,62% dengan kategori sangat tinggi. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I mencapai persentase 63,68% dengan kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 78,46% dengan kategori xii sangat tinggi. Hasil belajar siswa siklus I mencapai persentase 77,78% dan siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kategori sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam menyimpulkan isi cerita di kelas V SD 2 Bacin Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Saran bagi siswa, pada saat pembelajaran sebaiknya siswa harus lebih berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung. Saran bagi guru, dalam proses pembelajaran guru perlu menerapkan suatu model pembelajaran untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan sehingga merangsang siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Saran bagi peneliti, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peneliti untuk menambah wawasan tentang model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran bahasa Indonesia SD. Saran bagi sekolah, diharapkan dapat memberikan masukan untuk melaksanakan perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Cerita Fiksi Realistik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 18 Oct 2014 05:02
Last Modified: 18 Oct 2014 05:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3405

Actions (login required)

View Item View Item