UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERLALU LINTAS MELALUI LAYANAN ORIENTASI DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS X SMA PGRI 1 KUDUS TAHUN 2014

SEPTIANASARI, ARLITA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERLALU LINTAS MELALUI LAYANAN ORIENTASI DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS X SMA PGRI 1 KUDUS TAHUN 2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (358kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (156kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah diketahuinya siswa kelas X SMA PGRI 1 Kudus yang memiliki kedisiplinan rendah, diantaranya siswa dalam berkendara di jalan raya tidak memakai helem dan alat keselamatan yang lain, siswa dalam berkendara di jalan raya belum menghidupkan lampu, siswa dalam berkendara di jalan raya masih ugal – ugalan, siswa dalam berkendara di jalan raya tidak tertib dalam berlalu lintas. Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan melalui layanan orientasi dengan teknik simulasi dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah Layanan Orientasi dengan Teknik Simulasi dapat Meningkatkan Kedisiplinan Berlalu Lintas Pada Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Kudus Tahun 2014 / 2015 ?.” Tujuan Penelitian ini yaitu mendeskripsikan kedisiplinan berlalu lintas sesudah mendapatkan layanan orientasi dengan teknik simulasi pada Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Kudus. Layanan bimbingan dan konseling yang akan dilaksanakan untuk meingkatkan kedisiplinan berlalu lintas pada siswa adalah melalui layanan orientasi dengan teknik simulasi. Layanan orientasi dengan teknik simulasi adalah sebagai suatu kegiatan untuk membekali para siswa tentang serangkaian orientasi, data dan fakta yang berkaitan dengan perilaku baik dan buruk dalam kedisipliaan berlalu lintas guna meningkatkan tata tertib, etika dan kedisiplinan para siswa dalam berkendara roda dua. Sedangkan kedisiplinan berlalu lintas merupakan suatu nilai-nilai, norma-norma, atau asas yang menjadi pegangan bagi seseorang tentang perilaku baik dan buruk dalam mengendarai kendaraan sepeda motor. Penelitian dilakukuan di SMA PGRI 1 Kudus. Jumlah siswa SMA PGRI 1 Kudus 111 orang siswa, terdiri dari kelas X = 25 orang siswa satu kelas, XI = 28 orang siswa satu kelas, XII = 58 orang siswa terdiri dari dua kelas yaitu IPS 1 dan IPS 2. Dalam penelitian ini dilaksanakan di kelas X di SMA PGRI 1 Kudus tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus. Variabel dalam penelitian ini : kedisiplinan berlalu lintas sebagai variabel terikat; layanan orientasi dengan teknik simulasi sebagai variabel bebas. Subyek yang diteliti yaitu siswa kelas X sebanyak 25 siswa yang mempunyai kedisiplinan berlalu lintas rendah. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan dalam dua siklus, setiap siklus ada 3 pertemuan. Hasil peningkatan observasi terhadap siswa oleh peneliti dalam kedisiplinan berlalu lintas pada prasiklus yaitu siswa kelas X dengan rata – rata x 13,2 dengan kategori sangat kurang untuk mengerti, memahami, dan menyadari karena pengetahuan siswa akan disiplin berlalu lintas sangat kurang bisa menerima pembelajaran tentang kedisiplinan berlalu lintas untuk itu peneliti melakukan. Pada siklus I dengan rata – rata 25,84 dengan kategori kurang siswa dengan jumlah presentase 56% kurang dan dengan kategori cukup siswa dengan jumlah presentase 44% cukup. Sehingga siswa kelas X dalam kategori kurang untuk siswa kelas X untuk mengerti, memahami, dan menyadari karena pengetahuan siswa akan kedisiplinan berlalu lintas. Pada siklus II dengan rata – rata 37,28 siswa dengan kategori baik jumlah presentase 100% baik. Sehingga siswa kelas X dengan kategori baik untuk mengerti, memahami, dan menyadari karena pengetahuan siswa akan kedisiplinan berlalu lintas bisa di terima di praktikan siswa pada saat mengemudi di jalan raya. Dapat disimpulkan hasil penelitian kedisiplinan berlalu lintas rata – rata 37,7 dalam kategori baik sesuai dengan indikator keberhasilan (34 – 41) kategori baik. Sudah mencapai indikator keberhasilan jadi penelitian ini berhasil. Saran : (1) Kepala sekolah : Hendaknya memberikan fasilitas, sarana, dan prasarana BK yang dapat menunjang pelaksanaan program bimbingan dan konseling, karena PTBK tentang layanan orientasi dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas. (2) Konselor : Diharapkan dapat menerapkan layanan orientasi dengan teknik simulasi sehingga dapat mengatasi permasalahan kedisiplinan berlalu lintas pada siswa. Dan diharapkan memberikan pendapampingan dan memperhatikan prilaku siswa, salah satu caranya dengan mengadakan layanan bimbingan dan konseling. (3) Siswa : Diharapkan siswa memanfa’atkan layanan orientasi dengan baik, agar permasalahan kedisiplinan berlalu lintas bisa berguna bagi siswa. Dengan pemberian layanan orientasi siswa dapat mentaati peraturan lalu lintas. (4) Orang tua : Para orang tua diharapkan dapat ikut berperan dalam memberikan perhatian dan pengarahan siswa pada saat siswa mengemudi di jalan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Kedisiplinan Berlalu Lintas; Layanan Orientasi Dengan Teknik Simulasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 18 Oct 2014 05:36
Last Modified: 18 Oct 2014 05:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3410

Actions (login required)

View Item View Item