THE USE OF MULTIMEDIA STORYBOARD IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT FOR THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTs N 1 KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2013/2014

RISKIANI , ANIS (2014) THE USE OF MULTIMEDIA STORYBOARD IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT FOR THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTs N 1 KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (756kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
CHAPTER_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (139kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Appendices.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis adalah suatu cara untuk mengartikan sebuah pengalaman pada kita sendiri dan orang lain dalam bentuk tertulis. Melalui menulis siswa tidak hanya akan mampu membuat dalam bentuk bahasa, mengeja huruf, dan merancangnya, tetapi juga belajar bagaimana membuat pendapat yang masuk akaldan memberi saran. Namun, para siswa menghadapi beberapa masalah dalam menulis terutama dalam menulis teks recount. Mereka tidak berminat dalam menulis, karena menulis mendapatkan sedikit porsi dalam pembelajaran. Mereka tidak berminat untuk belajar karena keterbatasan media yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, kemampuan menulis siswa menjadi rendah. Dalam penelitian ini, penulis ingin mencari apakah ada pebedaan yang signifikan antara nilai yang dicapai siwa dalam kemampuan menulis teks recount sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan Multimedia Storyboard.. Penelitian ini adalah sebuah penelitian eksperimen, yang mana ada dua variabel. Yaitu independen dan dependen. Pada penelitian ini, dependen variabel adalah penggunaan multimedia storyboardyang mempengaruhi independen variabel, yaitu kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas delapan MTs N 1 Kudus tahun ajaran 2013/2014. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan MTs N 1 Kudus tahun ajaran 2013/2014 dan mendapatkan satu kelas sebagai sampel yaitu kelas 8 (delapan) D dengan cara mengambil satu lotre yang dibuat oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwaada peningkatan pada kemampuan menulis teks recount pada siswa. Para siswa terlihat lebih tertarik untuk bertanya entang materi yang dijelaskan pada saat guru mengajarkan dan menjelaskan materi. Mereka merasa nyaman dan menikmati pelajaran dalam proses belajar dan mengajar. Hal tersebut terlihat pada nilai post-test. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks recount siswa MTs N 1 Kudus tahun ajaran 2013/2014 setelah diajar menggunakan multimedia storyboard adalah 72.9 dan standar deviasi nya adalah 4.08. Nilai tersebut termasuk dalam kategori nilai baik. Sedangkan nilai rata-rata siswa sebelum diajar menggunakan multimedia storyboard adalah 62.5 dan standar deviasi nya adalah 8.1, dan di kategorikan sebagai nilai sedang. Dapat disimpulkan bahwa dengan t-observation 7.29 in the pada level of significance (α) = 0.05 dan degree of freedom (df) 37 yang diperoleh dari N-1, dan t-table nya adalah 2.042. Maka dari itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, hipotesis menyatakan, “ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks recount dari siswa kelas delapan MTs N 1 Kudus tahun ajaran 2013/2014 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan multimedia storyboard” dikonfirmasi. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia storyboard dapat meningkatkan kemapuan menulis teks recount siswa. Guru disarankan agar menggunakan multimedia storyboard sebagai media untuk pengajaran berbagai aspek dalam bahasa Inggris. Sedangkan, bagi peneliti lainnya, mereka disarankan agar mengeksplor fitur lain di dalamnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Multimedia Storyboard, Recount Text, Writing Ability.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 22 Oct 2014 06:05
Last Modified: 22 Oct 2014 06:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item