PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE SISWA KELOMPOK A TK KARTINI MAYONG JEPARA

MULYATI , SRI (2014) PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE BERMAIN PUZZLE SISWA KELOMPOK A TK KARTINI MAYONG JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (613kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (765kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (985kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (148kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (167kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan wawancara kepada guru kelas dan observasi pada kelompok A TK Kartini Mayong Jepara, perkembangan kognitif anak dirasa kurang. Hal ini di tandai dengan kurangnya daya persepsi anak-anak berdasarkan apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan mereka, kurangnya kemampuan anak dalam memecahkan permasalahan pada tugas sekolahnya, kurangnya pemahaman dari anak-anak tentang simbol-simbol yang ada di dunia sekitar, seperti membedakan bentuk, warna maupun ukuran. Permasalahan ini dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimanakah layanan penguasaan konten dengan metode bermain puzzle dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada siswa kelompok A TK Kartini Mayong Jepara tahun 2013/2014”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan metode bermain puzzle serta memperoleh peningkatan perkembangan kognitif anak melalui layanan penguasaan konten dengan metode bermain puzzle pada siswa kelompok A TK Kartini Mayong Jepara tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini membahas dua variable, yaitu perkembangan kognitif sebagai variabel Y, dan layanan penguasaan konten dengan metode bermain puzzle sebagai variabel X. Perkembangan kognitif adalah merupakan proses berfikir, yaitu kemampuan anak yang menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa, sedangkan layanan penguasaan konten dengan metode bermain puzzle adalah layanan yang diberikan kepada peserta didik untuk membantu meningkatkan kemampuan dengan cara menyusun potongan-potongan puzzle. Berdasarkan pembahasan dalam kajian pustaka dan kerangka berfikir maka hipotesis dari penelitian ini adalah “Perkembangan Kognitif Dapat Ditingkatkan Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Metode Bermain Puzzle Pada Siswa Kelompok A TK Kartini Mayong Tahun Ajaran 2013/2014”. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (deskriptif komparatif) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 15 anak .Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan metode bermain puzzle dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok A TK Kartini Mayong Jepara. Pada pra siklus nilai rata-rata sebesar 28,47 (47,44%) dengan kategori kurang, pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 36,13 (60,22%) dengan kategori cukup, dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 45,07 (75,11%) dengan kategori baik. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dengan metode bermain puzzle dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok A TK Kartini Mayong Jepara, dengan peningkatan dari pra siklus ke siklus II sebesar 16,6 (27,67%). Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada 1.Kepala sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung perkembangan kognitif anak. 2.Guru memberikan dorongan kepada anak yang memiliki perkembangan kognitif rendah dan tidak memarahi anak saat di kelas. 3. Anak-anak yang masih memiliki perkembangan kognitif yang rendah, diharapkan lebih meningkatkan lagi perkembangan kognitifnya secara lebih optimal. 4.Peneliti selanjutnya tidak membuat puzzle tidak dari kertas, misalnya menggunakan puzzle yang terbuat dari balok (kayu) atau dari benda lain yang lebih kratif dan inovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif, Layanan Penguasaan Konten
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 24 Oct 2014 07:17
Last Modified: 24 Oct 2014 07:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item