PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE TARIAN SISWA KELOMPOK A TK KARTINI MAYONG-JEPARA

WIJAYANT, INDAH (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE TARIAN SISWA KELOMPOK A TK KARTINI MAYONG-JEPARA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Bagian_depan.pdf - Accepted Version

Download (753kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (310kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keseimbangan tubuh anak dalam setiap gerakan, gerak fisik yang tampak pada anak tidak berkembang dengan baik, dan anak sulit melakukan bermacam-macam bentuk gerakan tari, dan di TK tersebut pemberian kegiatan menari tidak dilakukan secara terjadwal atau teratur. Permasalahan yang diteliti yaitu apakah layanan penguasaan konten dengan metode tarian dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada siswa kelompok A TK Kartini Mayong Jepara Tahun Ajaran 2013/2014?. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar saat diberikan layanan penguasaan konten dengan metode tarian pada siswa kelompok A TK Kartini Mayong Jepara. Motorik kasar adalah gerak dari berbagai bagian tubuh atas perintah otak. Dan layanan penguasaan konten adalah layanan penguasaan konten adalah suatu bantuan layanan yang diberikan kepada individu yang digunakan untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Sedangkan metode tarian adalah suatu gerak atau ekspresi yang menggambarkan perasaan manusia melalui gerak-gerak tubuh meliputi gerak kaki, gerak tangan, gerak pinggang, maupun gerak kepala yang diiringi dengan alunan musik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan layanan penguasaan konten dengan metode tarian untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar. Metode dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dalam kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK Kartini Mayong Jepara yang berjumlah 17 orang(7 putra dan 10 putri.). Variabel penelitian adalah kemampuan motorik kasar dan layanan penguasaan konten dengan metode tarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan metode tarian dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Data observasi pra siklus menunjukkan hasil rata-rata pada 10 indikator yang diukur berkisar 21,70 (43,41%). Setelah siklus I, terdapat peningkatan rata-rata yaitu menjadi 30 (60%). Setelah pelaksanaan siklus II data penelitian menunjukan peningkatan rata-rata yang mencapai 42,11 (84,23%). Hasil pembahasan dan analisa peneliti menyimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan metode tarian dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Kartini Mayong Jepara. Dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh peneliti dapat diterima. Setelah melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran kepada: 1.Kepala sekolah, diharapkan memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan baik. 2. Konselor, diharapkan agar memberikan layanan penguasaan konten berkaitan dengan kemampuan motorik kasar anak secara baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak secara maksimal.3. Kepada Siswa, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasarnya sehingga dapat melakukan kegiatan menari dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Tarian.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 24 Oct 2014 07:25
Last Modified: 24 Oct 2014 07:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item