PERANAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DALAM PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Kanzunnudin, Mohammad and Zuliana, Eka and Bintoro, Henry Suryo (2013) PERANAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DALAM PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Peranan guru profesional dan berkarakter dalam pembangunan sumber daya manusia di era global. ISSN 97 8-602-18835-8-7 (Submitted)

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (JPEG) (Cover)
Cover_Depan.jpg - Accepted Version

Download (128kB)
[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
SAMPUL_DALAM_DAN_DAFTAR_ISI_PROSIDING_2013.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
ARTIKEL_PROSIDING_2013.pdf - Accepted Version

Download (12MB)
Official URL: http://jurnal.umk.ac.id

Abstrak

Sebelum penelitian tindakan kelas dilaksanakan, prestasi belajar matematika siswa kelas V SD 5 Dersalam pada materi kubus dan balok terhitung kurang. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor : model pembelajaran masih konvensional, di mana siswa hanya menghafal dan mengingat konsep tanpa ada pengaltlman belajar dalam menemukan konsep itu. Berdasarkan keadaan ini, penelitian tindakan kelas dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode Guided Discovery Learning berbantuan Lembar Kegiatan Siswa dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N 5 Dersalam pada materi Volum Kubus dan Balok. Metode Guided Discovery Learning berbantuan Lembar Kegiatan Siswa t dalah sebuah metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga siswa memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahui melalui penemuan yang dibimbing oleh guru dengan pertanyaan yang efektif dan dengan bantuan Lembar Kegiatan Siswa untuk memancing siswa agar terus belajar dan termotivasi untuk menemukan jawaban' Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui pengamatan dan tes. Rata-rata skor tes prestasi belajar matematika siswa meningkat di setiap siklus. Pada siklus pertama rata-ratates prestasi belajar matematika siswa adalah 67,33 meningkat menjadi 74,39 pada siklus kedua. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 2,46 pada siklus pertama menjadi 3,13 pada siklus kedua. Sedangkan skor rata-rata pengelolaan pembelajaran guru meningkat dari 2,64 pada siklus pertama menjadi 2,68 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode Guided Discovery Learning berbantuan Lembar Kegiatan Siswa dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Dersalam.

Item Type: Article
Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Lembar Kegiatan Sisrrya dan Prestasi Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Nov 2014 06:16
Last Modified: 05 Nov 2014 06:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item