PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS KARAKTER BANGSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN 4 DERSALAM KUDUS

KURNIAWATI, ERI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS KARAKTER BANGSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SDN 4 DERSALAM KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (613kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (422kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (313kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (183kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

PenelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelasIV SDN 4 DersalamKudus, yangdisebabkanguru masihmenggunakanmodel pembelajaranlangsungdanpembelajaranhanyaberpusatpada guru sehinggakeaktifansiswamasihkurang. TujuandaripenelitianiniyaituuntukmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas IV danketerampilan gurudalammengelolapembelajaran. Think Pair Sharemerupakanpembelajarankooperatif yang menghendakisiswabekerjasalingmembantudalamkelompokkecildanmenghargaiadanyakerjasama.Hipotesispenelitianinidenganmenggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)berbasiskarakterbangsadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnsiswakelas IV SDN 4 Dersalam yang didukungolehranahafektif, kognitifdanpsikomotorik. PenelitianTindakanKelasdilaksanakanpadasiswakelasIV SDN 4 Dersalamtahunpelajaran 2013/2014yangberjumlah 19 orang, terdiridari 13siswalaki-lakidan6siswaperempuan. Penelitiandilaksanakandalam 2 siklus, masing-masingterdiridari 2 pertemuan, setiappertemuanmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Teknikpengumpulandata yang digunakanadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanyaituhasilbelajarsiswaranah kognitifsiklus I memperolehpersentasesebesar57,89%danmeningkat disiklus II menjadi78,94%. Hasil belajar ranah afektif pada sikus I memperoleh persentasesebesar64,05%danmeningkat pada siklus II menjadi 66,38%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentasesebesar63,70%danmeningkat pada siklus II menjadi 68,80%. Keterampilan guru padasiklus I memperolehpersentasesebesar68,78% dengankriteriabaik (B)danmeningkat di siklus II menjadi90,62%dengan kriteriasangatbaik (SB). Simpulanpenelitianiniyaitupenerapan model pembelajaranThink Pair SharedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnkelas IV SDN 4 Dersalam. Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamemperhatikanpenjelasan yang disampaikanoleh guru dengansungguh-sungguhterkaitlangkah-langkahpembelajaranThink Pair Share, guru hendaknyadalampembelajaranmemahamilangkah-langkahThink Pair Share, hasilpenelitiandapatmenjaditolakukurbagisekolah, kepalasekolahhendaknyamemfasilitasiguru agar dapatmenerapkan model pembelajaranThink Pair Sharedenganmaksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: HasilBelajarPKn, Model PembelajaranThink Pair Share BerbasisKarakterBangsa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 08 Nov 2014 04:16
Last Modified: 08 Nov 2014 04:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item View Item