PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD 2 HONGGOSOCO

ROFI UDDIN, MOH (2014) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD 2 HONGGOSOCO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (607kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (116kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas V SD 2 Honggosoco adalah rendahnya hasil belajar matematika. Dari hasil observasi di kelas tersebut diketahui bahwa nilai rata-rata kelas baru mencapai 60,47. Mengetahui permasalahan tersebut maka perlu diadakan perbaikan dengan model yang tepat dalam hal ini guided discovery learning. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi sifat sifat bangun ruang siswa kelas V SD 2 Honggosoco. Guided Discovery Learning adalah Model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan mengeksplorasi, menemukan serta menyimpulkan suatu pengetahuan yang didapatkan siswa sehingga terjadi pemahaman konsep. Guided discovery learning merupakan model pembelajaran penemuan yang penerapannya dalam proses pembelajaran berpusat pada siswa dan mengembangkan kemampuan berpikir anak. Guru bertugas membimbing dan mengarahkan kinerja siswa dalam melakukan kegiatan penemuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 siklus. Siklus I dilakukan 19 dan 22 Mei 2014 dan siklus II dilakukan 26 dan 29 Mei 2014 dengan subjek penelitian berjumlah 21 siswa. Subjek penelitian terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi hasil belajar matematika siswa tuntas dengan presentase siklus I sebesar 71,4% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,1%. Sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh skor 3,05 dengan kategori sedang dan meningkat menjadi 4,85 dengan kategori baik. Keterampilan pengelolaan pembelajaran peneliti dengan menggunakan model guided discovery learning pada siklus I diperoleh skor 3,65 dan meningkat menjadi 4,85 pada siklus II dengan kategori baik. Simpulan dari hasil penelitian, bahwa penerapan model guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD 2 Honggosoco. Saran setelah dilakukan penelitian ini ialah hendaknya dalam penerapan model guided discovery learning, guru membuat perencanaan yang matang, sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sistematis sesuai alokasi waktu yang direncanakan. Ketika menerapakan model guided discovery learning pada saat membimbing siswa, hendaknya guru menggunakan pertanyaan-pertanyaan sesuai tingkat berpikir siswa, agar siswa lebih mudah dalam memahami masalah-masalah yang diberikan. Bimbingan dan perhatian pada kegiatan yang dilakukan siswa perlu dimaksimalkan agar siswa tidak menyimpang dari tujuan dan rencana awal pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Guided discovery learning, hasil belajar matematika, sifat-sifat bangun ruang.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 17 Nov 2014 09:26
Last Modified: 17 Nov 2014 09:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item