PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD 5 KARANGROWO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS

SETIANINGSIH, ERNI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD 5 KARANGROWO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (464kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (773kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (118kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (5MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar IPS siswa rendah. Hal ini disebabkan guru mengajar monoton, mendominasi kegiatan pembelajaran dan menggunakan metode ceramah tanpa model pembelajaran yang variasi. Untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa diperlukan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berbantuan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Menganalisis peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester 2 di SD 5 Karangrowo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan metode demonstrasi. (2) Mendeskripsikan peningkatan pengelolaan pembelajaran guru pada pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan metode demonstrasi. Model pembelajaran kooperatif berbantuan metode demonstrasi adalah pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanan pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek guru dan siswa kelas IV SD 5 Karangrowo yang dilaksanakan pada bulan November 2013 sampai Agustus 2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa soal evaluasi, lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa dan keterampilan mengajar guru meningkat setiap siklusnya. Hasil belajar ranah kognitif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 72,05 menjadi 82,05 dan ketuntasan belajar siswa 72,73% menjadi 86,36%. Peningkatan hasil belajar afektif dilihat dari peningkatan kriteria Hasil Belajar Siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata 2,51 menjadi 3,28 dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Peningkatan hasil belajar psikomotorik dilihat dari peningkatan kriteria Hasil Belajar Siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata-rata 2,53 menjadi 3,39 dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Selain peningkatan hasil belajar, kriteria pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I ke siklus II juga meningkat yaitu dari skor rata-rata 3 menjadi 3,69 dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Simpulan pada penelitian ini ialah menerapkan model pembelajaran kooperatif berbantuan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS dan model pembelajaran kooperatif berbantuan metode demonstrasi dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Pengelolaan Pembelajaran Guru.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 26 Nov 2014 02:51
Last Modified: 26 Nov 2014 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item