PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD 4 LAU TAHUN AJARAN 2013/2014

NI’MAH, ULIN (2014) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD 4 LAU TAHUN AJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (156kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (9MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas V yang masih rendah. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media dalam melaksanakan pembelajaran IPS. Suasana pembelajaran IPS yang cenderung membosankan, menyebabkan siswa tidak menyukai pembelajaran IPS. Melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media audio visual diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif dalam pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran think pair share berbantuan media audio visual kelas V SD 4 Lau; (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik dalam pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran think pair share berbantuan media audio visual kelas V SD 4 Lau; (3) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran think pair share berbantuan media audio visual kelas V SD 4 Lau. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan perpaduan antara belajar secara mandiri dan belajar secara berkelompok. Media audio visual adalah media yang menyajikan unsur suara dan unsur gambar secara bersama-sama, sehingga dapat menarik perhatian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti mengumpulkan data dengan metode wawancara, observasi, tes, dokumentasi dengan menggunakan pedoman observasi, soal tes, serta dokumentasi foto. Data-data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini mencapai semua indikator keberhasilan. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada kondisi awal mendapat ketuntasan klasikal sebesar 50% dengan rata-rata 63 meningkat pada siklus I menjadi 73% dengan rata-rata 73 dan pada siklus II meningkat menjadi 86% dengan rata-rata 81. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I mendapat persentase 71% dengan kualifikasi “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I mendapat persentase 68% dengan kualifikasi “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 79% dengan kualifikasi “tinggi”. Keterampilan guru pada siklus I mendapatkan persentase 75% dengan kualifikasi “tinggi” meningkat pada siklus II menjadi 91% dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Simpulan pada penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran think pair share berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada ranah kognitif, hasil belajar IPS siswa pada ranah afektif dan psikomotorik, serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan model pembelajaran think pair share berbantuan media audio visual maupun model pembelajaran yang lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Think Pair Share, Audio Visual.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 26 Nov 2014 03:11
Last Modified: 26 Nov 2014 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3683

Actions (login required)

View Item View Item