PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MATERI PERUBAHAN ENERGI BUNYI SISWA KELAS IV SD 1 TEMULUS

NANDA MAHARDIKA, AKHBIB (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MATERI PERUBAHAN ENERGI BUNYI SISWA KELAS IV SD 1 TEMULUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (797kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (332kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (10MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Tamulus Kecamatan Mejobo Kudus pada mata pelajaran IPA. Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan oleh guru masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas berupa soal pada LKS untuk dikerjakan oleh siswa, sehingga siswa kesulitan memahami konsep IPA. Hal ini dibuktikan dengan nilai kondisi awal dari 15 siswa kelas IV yang mencapai mencapai KKM (60) hanya 6 siswa (40%) dan 9 siswa belum mencapai KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran IPA materi perubahan energi bunyi. Model pembelajaran Think Pair Share adalah pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswa agar terjadi variasi pola diskusi dalam kelas yakni yang terdiri dari tahap think (berfikir) yakni siswa diberi kesempatan individu untuk memecahkan masalahnya, tahap pair (berpasangan) siswa berpasangan dengan teman sebangku untuk mencocokkan hasil jawaban dalam diskusi, tahap share (berbagi) setiap kelompok diskusi berbagi di depan kelas. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai dari suatu kegiatan atau usaha yang dapat memberikan kepuasan emosional dan dapat diukur dengan alat evaluasi tertentu (tes). Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan energi bunyi yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas IV SD 1 Temulus Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Temulus Kudus. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPA siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam belajar, dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 68,5% dengan kriteria “baik” meningkat ke siklus II menjadi 86% dengan kriteria “sangat baik” (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 70,5% dengan kriteria “baik” meningkat ke siklus II menjadi 81,5% dengan kriteria “baik”. Aktivitas belajar kelompok pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 73,5% dengan kriteria “baik” meningkat ke siklus II menjadi 80% dengan kriteria “baik” (3) hasil belajar IPA siswa juga meningkat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata ketuntasan belajar klasikal pada siklus I ke siklus II yaitu dari 60% menjadi 86,7%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk pembelajaran pelajaran IPA materi perubahan energi bunyi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 1 Temulus Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan aktivitas belajar siswa, selain itu siswa hendaknya dimulai sekarang untuk mengadakan kelompok belajar. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, agar pembelajaran di dalam kelas tidak monoton dan membuat siswa menjadi bosan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar IPA, Perubahan Energi Bunyi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 26 Nov 2014 03:19
Last Modified: 26 Nov 2014 03:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item