PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBASIS KARAKTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD 2 WERGU KULON KUDUS

OKTAVIANTO, HERY (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBASIS KARAKTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD 2 WERGU KULON KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (416kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (136kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (432kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (145kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (118kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD 2 Wergu Kulon Kudus. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa; 2) Menjelaskan peningkatan karakter belajar siswa; 3) Menjelaskan peningkatan guru dalam mengelola pembelajaran pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 2 Wergu Kulon Kudus melalui pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments berbasis karakter. Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments berbasis karakter adalah cara pembelajaran efektif bagi siswa untuk berkompetisi dengan kelompok yang lebih adil dibandingkan kompetisi pembelajaran lainnya. Langkah pembelajarannya terdiri dari: 1) Penempatan siswa kelompok heterogen; 2) Presentasi kelas; 3) Belajar kelompok heterogen; 4) Permainan akademik dan pencatatan skor; 5) Penghargaan tim. Hasil belajar PKn yang diharapkan adalah meningkatnya tingkah laku yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 17 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan terstruktur, tes evaluasi hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran PKn melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments berbasis karakter meningkat disetiap siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus II meningkat dari kondisi awal sebelum penelitian 24%, siklus I 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,35%. Persentase sikap belajar siswa meningkat dari 73% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. Persentase ketrampilan belajar siswa meningkat dari 67,5% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Persentase karakter belajar siswa meningkat dari 47,5% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan Persentase ketrampilan guru dari 95,5% pada siklus I menjadi 91,8% pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Wergu Kulon Kudus dapat meningkat dan berhasil dengan baik setelah digunakannya pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments berbasis karakter. Penelitian ini dapat ditarik simpulan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments berbasis karakter dalam PKn ketrampilan guru dapat meningkat, hasil belajar siswa dapat meningkat, dan karakter belajar siswa dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dan motivasi belajarnya. Guru hendaknya dapat menginovasikan model-model pembelajaran. Sedangkan kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournaments, Hasil Belajar PKn.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 26 Nov 2014 09:03
Last Modified: 26 Nov 2014 09:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item