THE WRITING ABILITY OF SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP 4 KUDUS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT TAUGHT BY USING PARALLEL WRITING TECHNIQUE IN ACADEMIC YEAR 2013/2014

Widodo Setiawan, Rizza (2014) THE WRITING ABILITY OF SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP 4 KUDUS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT TAUGHT BY USING PARALLEL WRITING TECHNIQUE IN ACADEMIC YEAR 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (603kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (95kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (61kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Banyak orang berpikir bahwa kemampuan menulis dengan baik adalah suatu bakat yang dimiliki atau tidak di miliki oleh seseorang. Sesungguhnya setiap orang akan mampu menulis secara efektif jika mereka mempelajari beberapa strategi dalam menulis dan mempraktekkannya. Ada beberapa masalah dalam keterampilan menulis. Salah satunya adalah siswa selalu takut menyusun atau membuat teks dalam bahasa inggris. Disamping itu, ada beberapa faktor dari dalam diantaranya; siswa malas untuk menuliskan idenya di kertas. Rendahnya kreatifitas menulis yang membutuhkan beberapa metode dan tekhnik khusus agar supaya menarik perhatian. Salah satu cara untuk meningkatkan kreatifitas adalah mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan menulis langsung. Berbagai ide dalam kegiatan menulis untuk mengatasi masalah siwa, tehnik menulis secara paralel digunakan untuk mengajar mereka dalam memotivasi keterampilan menulis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu jawaban dari pernyataan masalah. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis kelas tujuh SMP 4 Kudus pada tahun akademik 2011/2012 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan tehnik menulis secara paralel. Ini adalah penelitian kuantitatif. Metode dari penelitian ini adalah eksperimental. Desain dari penelitian ini adalah metode eksperimental yang menggunakan pre-test dan post-test. Populasinya adalah siswa kelas tujuh SMP 4 Kudus pada tahun akademik 2013/2014. Jumlah populasi adalah 266 siswa. Mereka terbagi dalam tujuh kelas. Sampelnya adalah kelas G. Setelah siswa di beri pre-test, mereka di beri treatment selama lima pertemuan. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan metode t-test untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara pencapaian penulisan kelas tujuh SMP 4 Kudus pada tahun akademik 2013/2014 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan tehnik menulis secara paralel. Hasil penelitian, rata-rata pre-test adalah 64,6 dan rata-rata post-test adalah 72,8. Hal ini dapat di simpulkan bahwa t-pengamatan 4,6 pada tingkat signifikansi = 0,05 dan derajat kebebasan (df) 34 yang di peroleh dari N-1, t-tabel 2,04. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 di terima. Jadi, hipotesis menyatakan, “Ada perbedaan signifikan antara kemampuan menulis descriptive teks kelas tujuh SMP 4 Kudus pada tahun akademik 2013/2014 sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan tehnik menulis secara parallel” diterima. Penulis berharap penelitian ini dapat di gunakan oleh guru sebagai salah satu cara untuk menambah referensi tentang peningkatan keterampilan menulis siswa kelas tujuh, dan juga sebagai pertimbangan untuk para guru dalam memilih tehnik menulis secara parallel sebagai tehnik alternative untuk membantu dan membuat siswa menulis karangan dengan mudah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Menulis Descriptive, Tehnik Menulis secara Parallel
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 26 Nov 2014 09:24
Last Modified: 26 Nov 2014 09:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item