UPAYA MENINGKATKAN OPTIMISME BERPIKIR TENTANG MASA DEPAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGANTEKNIK PROBLEM SOLVING DISMAN 1 JEKULO KUDUS

DWI CAHYANI, ERLINA (2014) UPAYA MENINGKATKAN OPTIMISME BERPIKIR TENTANG MASA DEPAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGANTEKNIK PROBLEM SOLVING DISMAN 1 JEKULO KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB__I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB__II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB__III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB__IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB__V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB__VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (368kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap konselor maupun wali kelas pada tanggal 12 maret 2014 diketahuimasih ada sebagian siswa kelas XIIIPS 3 SMAN 1 Jekulo mempunyai optimisme berpikir tentang masa depan rendah seperti, siswa masih pesimis dalam menjalani masa depan khususnya dalam menentukan karir. Mereka cemas akan masa depan yang tidak menentu dikarenakan dari segi fisik, ekonomi maupun akademis, sehingga takut bersaing dengan kondisi yang mereka alami.Permasalahan yang akan diteliti:Bagaimanakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solvingdapat meningkatkan optimisme berpikir tentang masa depan siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah: “mendeskripsikan peningkatanoptimisme berpikir tentang masa depan siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solvingpada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2013/2014”. Kegunaan penelitianini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: memberikan sumbangan bagi ilmu pengetahuan dibidang bimbingan dan konseling, tentang upaya meningkatkan optimismeberpikir tentang masa depan. 2. Kegunaan Praktis: a. Kepala sekolah dapat meningkatkan kebijaksanaan yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. b. Konselor dapat memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa yang memiliki kesulitan meningkatkan optimisme berpikir tentang masa depan.c. Peneliti memperoleh tambahan pengetahuan dan pengalaman sebagai acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangannya.d. Siswa dapat mengeksplorasi dan mengembangkan sikap optimisme berpikir tentang masa depan. Ruang lingkup penelitian ini adalah: Optimisme Berpikir Tentang Masa Depan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving.Hipotesis penelitian ini adalah: “Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem SolvingDapat Meningkatkan Optimisme Berpikir Tentang Masa Depan Pada Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2013/ 2014” Penelitian ini berbentuk PTKBK yang dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3pertemuan membahas6 materi dengan waktu 50 menit.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Jekulo Kudus, sebanyak 8 siswa yang memunyai optimisme berpikir tentang masa depan rendah berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti terhadap konselor maupun wali kelas XI IPS 3 SMAN 1 Jekulo pada tanggal 12 Maret 2014. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving (Variabel bebas) dan OptimismeBerpikir Tentang Masa Depan (Variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, 8siswa yang memiliki optimisme berpikir tentang masa depan rendah memperoleh 134 skor/33,50% (sangat kurang). Setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada sikus I, optimisme berpikir tentang masa depan siswa meningkat 103 skor/25,75% sehinggamenjadi 237 skor/59,25% (cukup). Pada siklus II optimisme berpikir tentang masa depan siswa meningkat 99 skor/24,75% sehinggamenjadi 336 skor/ 84% (sangat baik). Berdasarkan pembahasan analisis data pada pra siklus sampai siklus II mengalami peningkatan 202 skor/50,50% makadisimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solvingdapat meningkatkan optimisme berpikir tentang masa depan pada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Jekulo. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannyadan sesuai dengan indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya menambahkan jam BK kepada kelas XI agar program BK dapat terlaksana lebih efektif. 2. Konselor hendaknya lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan optimisme berpikir tentang masa depan siswa. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan konseling di sekolah untuk membantu memecahkan persoalan dan permasalahan yang dialami. ‎

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Optimisme Berpikir Tentang Masa Depan; Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 26 Nov 2014 09:34
Last Modified: 26 Nov 2014 09:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item