PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 2 JURANG MATERI MENENTUKAN JARING-JARING BERBAGAI BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

ANTIKASARI, FANNY (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 2 JURANG MATERI MENENTUKAN JARING-JARING BERBAGAI BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Depan.pdf - Accepted Version

Download (364kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (30MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar dikarenakan dalam pembelajaran di sekolah guru masih menggunakan cara konvensional dan tidak berorientasi pada kenyataan. Jarang ditemukan siswa aktif selama pembelajaran berlangsung, serta materi matematika yang cenderung abstrak menyebabkan siswa sulit mempelajari matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD 2 Jurang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana pada siswa kelas V SD 2 Jurang Gebog Kudus tahun ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana pada siswa kelas V SD 2 Jurang Gebog Kudus tahun ajaran 2013/2014. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah suatu model pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hasil belajar matematika adalah perubahan yang terjadi pada siswa sebagai hasil dari proses pembalajaran matematika. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD 2 Jurang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan antara lain pedoman wawancara, soal tes, dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan nilai tes hasil belajar matematika siswa yaitu nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,7 meningkat menjadi 87,4 pada siklus II dan ketuntasan belajar siswa 68,4% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II. (2) Skor rata-rata aktivitas belajar matematika siswa dalam pembelajaran memperoleh skor rata-rata 2,45 dengan kategori cukup baik pada siklus I dan meningkat menjadi 3,4 dengan kategori baik pada siklus II. (3) Skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memperoleh skor rata-rata 3,3 dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 3,85 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana pada siswa kelas V SD 2 Jurang Gebog Kudus tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat peneliti berikan adalah sebaiknya guru lebih memotivasi siswa untuk aktif, kreatif dan percaya diri dalam menyampaikan gagasan yang dimiliki dengan memberikan penghargaan. Sebaiknya peneliti yang akan datang dalam menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, pada tahap kontruktivisme memperlihatkan benda nyata dan memberikan tanya jawab kepada siswa lebih maksimal agar siswa lebih mudah mengkontruksi pengetahuannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: hasil belajar, jaring-jaring, Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 27 Nov 2014 03:17
Last Modified: 27 Nov 2014 03:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item