THE READING COMPREHENSION OF THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMP 1 JATI KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2014/2015 TAUGHT BY USING MEDIATED INSTRUCTION OF TEXT

THAARIQ, ACHMAD (2014) THE READING COMPREHENSION OF THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMP 1 JATI KUDUS IN ACADEMIC YEAR 2014/2015 TAUGHT BY USING MEDIATED INSTRUCTION OF TEXT. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (713kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (139kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (116kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Sebagai salah satu dari empat ketrampilan bahasa, Membaca menyokong kesuksesan dalam pembelajaran bahasa sebagaimana baiknya dengan keterampilan bahasa lainnya. Membaca termasuk bagian dari materi pembelajaran bahasa Inggris dalam lembaga pendidikan, dari sekolah dasar hingga peguruan tinggi. Pelajaran bahasa Inggris juga diajarkan di salah satu sekolah menengah pertama di kabupaten Kudusm yang mana adalah SMP 1 Jati Kudus. Meskipun membaca adalah utama di dalam pengajaran bahasa inggris, tetapi hasil dari siswa dalam test membaca masih belum memuaskan dan banyak siswa mendapat nilai rendah. Dalam kasus ini seoreang guru harus menggunakan metode yang tepat untuk membuat siswa lebih tertarik dan aktif di dalam sebuah ruang kelas. Mediated Instruction of Text adalah salah satu strategi yang dapat digunakan oleh seorang guru bahasa inggris untuk mengajar membaca. Diharapkan, itu dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa kelas IX SMP 1 Jati Kudus tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Mediated Instruction of Text. Penelitian ini adalah penelitian experiment menggunakan satu kelompok dengan pre-test dan post-test. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP 1 Jati Kudus tahun ajaran 2014/2015. Jumlah sammpel adalah 34 siswa yang diambil secara acak berkelompok dari siswa kelas IX. Peneliti mengambil kelas IXF sebagai sampel. Peneliti mengajar teks Narrative dan Recount. Tes digunakan sebagai alat dalam penelitian ini. Ada pre-test dan post-test untuk memperoleh nilai siswa dan untuk mengetahui data sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan kotak bacaan. Dari nilai tersebut menunjukkan bahwa ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca siswa kelas IX SMP 1 Jati Kudus tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Mediated Instruction of Text. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata pre-test adalah 66.38, standard deviasinya adalah 7.04. Sedangkan rata-rata dari post-test adalah 76.44, standard deviasi adalah 7.98. Pengujian hipotesis di level signifikasi 0.05 dan tingkat kebebasan (df) 33, t-observasi (t0) adalah 7.36 dan t-tabel (tt) adalah 2.042, t-observasi lebih tinggi daripada t-tabel (t0 = 7.36 > tt = 2.042). Maka, peneliti menarik kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca siswa kelas IX SMP 1 Jati Kudus tahun ajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunaka Mediated Instruction of Text. Dengan demikian Peneliti menunjukkan bahwa guru dapat menggunakan Mediated Instruction of Text dalam mengajar membaca, karena dengan Mediated Instruction of Text dapat memeberikan pemahaman membaca bagi siswa. Dan untuk peneliti berikutnya, peneliti menyarankan untuk lebih kreatif untuk memodifikasi Mediated Instruction of Text sebagai strategi dalam pengajaran membaca.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Mediated Instruction of Text
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 18 Dec 2014 06:04
Last Modified: 18 Dec 2014 06:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item