PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV SD SEMESTER 2 DI SD 1 GAMONG

HIDAYAH, SRI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV SD SEMESTER 2 DI SD 1 GAMONG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. judul]
Preview
PDF (Hal. judul)
HALAMAN_AWAL_.pdf - Accepted Version

Download (522kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (126kB)
[thumbnail of lampiran]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gamong pada mata pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan oleh guru secara langsung memberikan konsep matematika kepada siswa dan siswa pasif menerima pengetahuan dari guru. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model CTL. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa (2) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran (3) menemukan peningkatan hasil belajar siswa dan (4) menemukan peningkatan respon siswa dengan menerapkan model CTL pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok. Hasil belajar matematika adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran matematika sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang meliputi pengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspek afektif) dan keterampilan (aspek psikomotorik). Model CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring kubus dan balok dengan diterapkannya model CTL pada siswa kelas IV SD 1 Gamong tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Gamong. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model CTL, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika materi jaring-jaring kubus dan balok. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes, uraian dan check list serta foto. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru mengelola pembelajaran, hasil belajar matematika dan respon siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II memperoleh skor rata-rata 2,74 menjadi 3,14 dengan kualifikasi “baik”. (2) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari skor rata-rata 3,16 menjadi 3,70 dengan kualifikasi “sangat baik” (3) Hasil belajar matematika siswa juga meningkat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 70,83 menjadi 79,50. (4) Respon siswa pada siklus I ke siklus II memperoleh respon yang “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model CTL terhadap pembelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gamong tahun pelajaran 2013/2014. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif mengkonstruksi dan menemukan berbagai macam jaring-jaring kubus dan balok. Dalam pembelajaran CTL, guru hendaknya membantu siswa mengaitkan materi yang dipelajari dengan masalah kontekstual yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah hendaknya memfasilitasi berbagai media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran agar berjalan efektif dan optimal. Peneliti selanjutnya hendaknya mempersiapkan sumber belajar dan teknik penilaian autentik yang tepat agar tercapai indikator pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Jaring-jaring Kubus adan Balok, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 22 Dec 2014 07:58
Last Modified: 22 Dec 2014 07:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item